Universitas Islam Bandung Repository

Hak Atas Penyelesaian Sengketa Pelanggaran Hak Cipta Lagu untuk Keperluan Kampanye Pemilu menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta Juncto Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Hukum
dc.creator Gani, Aditya Al
dc.creator Ramli, Tatty Aryani
dc.date 2019-07-25
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum/article/view/16448
dc.description Abstract. The use of songs in our campaigns is very often heard in many campaigns held by-election participants. The creator also felt the impact of using the song. The use of songs in this campaign is much without the permission of the creator, who in the end the creators were harmed by that. This study aims to find out Law No. 28 of 2014 concerning Copyright and General Election Commission Regulations governing the use of songs in the campaign and how to resolve disputes regarding the use of songs in campaigns. The method of approach used in this study is a normative juridical approach. the method carried out by prioritizing researching data or library materials in the form of primary legal materials, secondary legal materials, and tertiary legal materials. Normative legal research is done by examining library materials which are secondary data and also called library legal research. The specification of this research is analytical descriptive, namely reviewing legal provisions relating to the problem of using, retrieving and modifying a song creation in an election campaign. From the results of the analysis in my study that there is article 5 of Law Number 28 of 2014 concerning copyright which regulates the use, retrieval, and change of work as a moral right of the creator. Even though Article 44 of Law Number 24 of 2014 concerning copyright which regulates copyright restrictions in which mention of the use, retrieval, and change of work is not considered a copyright infringement on it, the use of songs in the campaign is not mentioned in copyright restrictions. Then the Election Commission Regulation does not regulate the use of songs in the campaign. From the research of cases and facts of legal dispute resolution in the use of songs in the campaign using alternative dispute resolution and arbitration.Keywords: Copyright, Songs, CampaignsAbstrak. Penggunaan lagu di dalam kamapanye sangat sering kita dengar di banyak kampanye yang diselengarakan oleh peserta pemilu. Pencipta pun juga merasakan dampak dari penggunaan lagu tersebut. Penggunan lagu di dalam kampanye ini banyak tanpa se-izin pencipta yang pada akhrinya para pencipta dirugikan atas hal itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum mengatur tentang penggunaan lagu di dalam kampanye serta bagaimana penyelesaian sengketa terhadap penggunaan lagu dalam kampanye. Metode pendeketan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendeketan yuridis normatif. metode yang dilakukan dengan cara mengutamakan meneliti data atau bahan pustaka berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tesier. Penelitian hukum normatif dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yang merupakan data sekunder dan disebut juga penelitian hukum kepustakaan. Spesifikasi penelitian ini deskriptif analitis yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berakaitan dengan masalah penggunaan, pengambilan dan pengubahaan suatu ciptaan lagu di dalam kampanye pemilu. Dari hasil analisis dalam penelitian saya bahwa terdapat pasal 5 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang hak cipta yang mengatur tentang penggunaan,  pengambilan, dan pegubahaan suatu ciptaan merupakaan hak moral dari pencipta. Walaupun pasal 44 Undang-undang Nomor 24 Tahun 2014 tentang hak cipta yang mengatur tentang pembatasan hak cipta yang didalamnya menyebutkan  penggunaan,  pengambilan, dan pegubahaan suatu ciptaan tidak dianggap sebuah pelanggaran hak cipta tentang itu akan tetapi penggunaan lagu dalam kampanye tidak disebutkan dalam pembatasan hak cipta. Kemudian Peraturan Komisi pemilihan Umum tidak mengatur tentang penggunaan lagu di dalam kampanye. Dari peneltian kasus dan fakta hukum penyelesaian sengketa dalam penggunan lagu dalam kampanye menggunakan alternative penyelesaian sengketa dan arbritase.Kata Kunci: Hak Cipta , Lagu, Kampanye.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum/article/view/16448/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum/article/downloadSuppFile/16448/3548
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Ilmu Hukum
dc.source Prosiding Ilmu Hukum; Vol 5, No 2, Prosiding Ilmu Hukum (Agustus, 2019); 1164-1169
dc.source Prosiding Ilmu Hukum; Vol 5, No 2, Prosiding Ilmu Hukum (Agustus, 2019); 1164-1169
dc.source 2460-643X
dc.subject Ilmu Hukum
dc.subject Hak Cipta , Lagu, Kampanye.
dc.title Hak Atas Penyelesaian Sengketa Pelanggaran Hak Cipta Lagu untuk Keperluan Kampanye Pemilu menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta Juncto Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Ilmu Hukum [914]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Hukum

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account