Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
manajemen krisis PR PT Pos Indonesia (Persero) dalam menghadapi krisis
dan menjelaskan: (1) Hambatan dan dukungan yang dihadapi PR PT Pos
Indonesia (Persero) dalam pelaksanaan manajemen krisis. (2) Tahapan dalam
strategi manajemen krisis yang dilakukan oleh PR PT Pos Indonesia
(Persero).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui
pendekatan studi kasus. Menggunakan wawancara mendalam dari berbagai
sumber, penelaahan pustaka, penelaahan dokumen, dan berbagai data yang
berhubungan dengan penelitian. Subjek penelitian ini antara lain FP
Komunikasi Ekternal PR PT Pos Indonesia (Persero), wartawan media cetak
Radar Bandung, dan tiga orang pengguna layanan jasa Kantor Pos. Teori
pendukung dalam penelitian ini diantaranya: Decision Theory (Teori
Keputusan) dan Relationship Management Theory (Teori Manajemen
Hubungan).
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Hambatan dan dukungan yang
dihadapi PR PT Pos Indonesia (Persero) dalam pelaksanaan manajemen krisis.
Hambatan dan dukungan internal berasal dari karyawan PT Pos Indonesia
(Persero). Hambatan dan dukungan ekternal berasal dari pihak media dan
pemegang saham. Tahapan dalam strategi manajemen krisis yang dilakukan
oleh PR PT Pos Indonesia (Persero) antara lain dengan: (1) Survey, yakni
dengan menemukan penyebab krisis dan faktor penghambat di internal
maupun eksternal, (2) Penetapan Tujuan, yakni dengan menangani krisis,
Pemulihan image dan promosi produk, (3) Penentuan Media, media yang
tepat dan sesuai dengan tujuan dan (4) Pelaksanaan program, yakni dengan
melaksanakan tujuan dengan media yang telah ditentukan sebelumnya.