Universitas Islam Bandung Repository

KONTRIBUSI FASE SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PSIKOLOGI ANGKATAN 2012 UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor FAKULTAS PSIKOLOGI
dc.creator RAMDANI, RIZKI RIDWAN
dc.creator KAHFI, AGUS SOFYANDI
dc.date 2015-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:57:43Z
dc.date.available 2019-09-10T01:57:43Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1145
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21159
dc.description Banyaknya mahasiswa psikologi angkatan 2012 Universitas Islam Bandung yang mendapatkan IPK < 2,5. Faktanya mahasiswa psikologi 2012 adalah mahasiswa yang telah melewati tahap seleksi yaitu seleksi melalui tes akademik dan psikotes. Pada mahasiswa yang memiliki IPK <2,5 mereka tidak mampu mengatur dirinya seperti tidak menentukan target belajarnya, tidak fokus dikelas, dan tidak mampu memperbaiki kesalahan belajarnya. Namun terdapat pula mahasiswa dengan IPK <2,5 yang sudah mampu mengatur dirinya. Kemampuan pengaturan diri ini disebut self-regulated learning (SRL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi fase-fase self-regulated learning dan fase mana yang paling berkontribusi terhadap prestasi belajar mahasiswa psikologi 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Sampel berjumlah 106 orang Mahasiswa Psikologi 2012. Alat Ukur yang digunakan adalah kuesioner mengenai 3 Fase Self Regulated Learning (SRL) sesuai dengan teori dari BJ. Zimmerman serta data sekunder prestasi belajar yaitu IPK. Pengolahan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan path analysis dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasilnya menunjukan bahwa fase self-regulated learning berkontribusi terhadap Prestasi Belajar dan fase yang paling berkontribusi adalah fase forethought.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1145/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 180-188
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 180-188
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi ; Psikologi Pendidikan
dc.subject Self-Regulated Learning, Prestasi Belajar, Mahasiswa Psikologi 2012 Universitas Islam Bandung
dc.title KONTRIBUSI FASE SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PSIKOLOGI ANGKATAN 2012 UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Ex post facto, Path Analysis


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account