Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Kepuasan Kerja pada Karyawan Frontliners CV. X di Bandung

Show simple item record

dc.contributor Psikologi
dc.contributor Hedi Wahyudi, Universitas Islam Bandung,
dc.creator Setiawan, Vella Nafisahdini
dc.creator Wahyudi, Hedi
dc.date 2018-08-05
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:09:36Z
dc.date.available 2019-09-10T02:09:36Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11306
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21268
dc.description Abstract. Frontliner Employee CV. X Bandung is the position that becomes the main wheel in the company because it is dealing directly with customers. The phenomenon that occurs is the existence of customer complaints about the services provided by employees who are less fun. Employees complain of the absence of recognition of their work from superiors, lack of clarity about career ladder and lack of technical assistance from superiors. But even though both are similarly conditioned, there are also employees who can still display good work. Then seen the existence of employees who feel job satisfaction as well as job dissatisfaction. This is in accordance with Herzberg 'two factor theory' theory which states that job satisfaction consists of satisfier factor and dissatisfier factor which both can be felt by employees. The purpose of this research is to know how the picture of job satisfaction of frontliner employee. The method used is descriptive research with the number of subjects 17 people. Based on the results of data processing obtained: as many as 3 or 18% of employees who belong to the group 1 high hygiene factor and high factor motivator. As many as 1 person or 6% of employees are included in the group 2 high hygine factor and low factor motivator. As many as 2 people or 12% of employees included in the group of 3 low hygiene factor and high factor motivator. As many as 11 people or 65% of employees included in the group 4 low hygiene factor and low factor motivator.Keywords: Frontliners staff, Job Satisfaction, Herzberg Two Factor TheoryAbstrak. Karyawan Frontliner CV. X  Bandung merupakan posisi yang menjadi roda utama dalam perusahan karena berhadapan langsung dengan pelanggan. Fenomena yang terjadi adalah adanya keluhan pelanggan mengenai pelayanan yang diberikan oleh karyawan yang kurang menyenangkan. Karyawan mengeluhkan tidak adanya pengakuan atas kerja mereka dari atasan,  tidak adanya kejelasan mengenai jenjang karir da kurangnya bantuan teknis dari atasan. Tetapi meskipun sama-sama dikondisi yang serupa, ada juga karyawan yang tetap bisa menampilkan perulaku kerja yang baik. Maka terlihat adanya karyawan yang merasakan kepuasan kerja sekaligus ketidakpuasan kerja. Hal ini sesuai dengan teori Herzberg ‘two factor theory’ yang menyebutkan bahwa kepuasan kerja itu terdiri dari satisfier factor dan dissatisfier factor yang mana keduanya dapat dirasakan karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran kepuasan kerja karyawan frontliner. Metoda yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jumlah subjek 17 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh : sebanyak 3 atau 18% orang karyawan yang termasuk ke dalam kelompok 1 hygiene factor tinggi dan motivator factor tinggi. Sebanyak 1 orang atau 6% orang karyawan yang termasuk ke dalam kelompok 2 hygine factor tinggi dan motivator factor rendah. Sebanyak 2 orang atau 12% orang karyawan yang termasuk dalam kelompok 3 hygiene factor rendah dan motivator factor tinggi. Sebanyak 11 orang atau 65% orang karyawan yang termasuk dalam kelompok 4 hygiene factor rendah dan motivator factor rendah.Kata kunci: Karyawan Fronliners, Kepuasan Kerja, Herzberg Two Factor Theory
dc.description Abstrak. Karyawan Frontliner CV. X  Bandung merupakan posisi yang menjadi roda utama dalam perusahan karena berhadapan langsung dengan pelanggan. Fenomena yang terjadi adalah adanya keluhan pelanggan mengenai pelayanan yang diberikan oleh karyawan yang kurang menyenangkan. Karyawan mengeluhkan tidak adanya pengakuan atas kerja mereka dari atasan,  tidak adanya kejelasan mengenai jenjang karir da kurangnya bantuan teknis dari atasan. Tetapi meskipun sama-sama dikondisi yang serupa, ada juga karyawan yang tetap bisa menampilkan perulaku kerja yang baik. Maka terlihat adanya karyawan yang merasakan kepuasan kerja sekaligus ketidakpuasan kerja. Hal ini sesuai dengan teori Herzberg ‘two factor theory’ yang menyebutkan bahwa kepuasan kerja itu terdiri dari satisfier factor dan dissatisfier factor yang mana keduanya dapat dirasakan karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran kepuasan kerja karyawan frontliner. Metoda yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jumlah subjek 17 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh : sebanyak 3 atau 18% orang karyawan yang termasuk ke dalam kelompok 1 hygiene factor tinggi dan motivator factor tinggi. Sebanyak 1 orang atau 6% orang karyawan yang termasuk ke dalam kelompok 2 hygine factor tinggi dan motivator factor rendah. Sebanyak 2 orang atau 12% orang karyawan yang termasuk dalam kelompok 3 hygiene factor rendah dan motivator factor tinggi. Sebanyak 11 orang atau 65% orang karyawan yang termasuk dalam kelompok 4 hygiene factor rendah dan motivator factor rendah.Kata kunci : Karyawan Fronliners, Kepuasan Kerja, Herzberg Two Factor Theory
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11306/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 558-562
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 558-562
dc.source 2460-6448
dc.subject psikologi
dc.subject Karyawan Fronliners, Kepuasan Kerja, Herzberg Two Factor Theory
dc.subject Psikologi;Psikologi Industri dan Organisasi
dc.subject Psikologi;Psikologi Industri dan Organisasi
dc.title Studi Deskriptif Kepuasan Kerja pada Karyawan Frontliners CV. X di Bandung
dc.title STUDI DESKRIPTIF KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN FRONTLINERS CV. X DI BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type Kuantitatif, Studi Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account