Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Self Regulation Bidang Akademik Pada Santri Kelas 1 Aliyah di Pesantren X Bandung

Show simple item record

dc.contributor Psikologi
dc.contributor
dc.creator Amalia, Aliya
dc.creator Rahayu, Makmuroh Sri
dc.creator Khasanah, Andhita Nurul
dc.date 2018-08-06
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:10:29Z
dc.date.available 2019-09-10T02:10:29Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11480
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21276
dc.description Abstract. Pesantren X Bandung organizes tahfidz Al-Qur'an program with a target of 30 juz (3 years), 10 juz (1 year), and 5 juz (1 semester). To achieve this target, Islamic boarding schools have a tight schedule. In reality, santri are not able to reach the target. The things that become obstacles are the lack of being able to organize themselves. This can happen because students feel that friends who are in the pesantren do not provide support. The purpose of this study was to obtain data about how closely the relationship between peer support with academic self-regulation in class 1 Aliyah students at the X Bandung Islamic Boarding School. The research method used is the correlational method. The technique used is population study with 60 subjects. Social support data uses the concept of Sarafino theory, and self regulation uses the concept of Zimmerman theory. The measuring instrument is a self-made questionnaire, after seeing its validity and reliability. Data processing uses Rank Spearman correlation test. From the test data analysis that hypothesis testing is accepted with r = 0.703. Thus, the lower the peer support, the lower the self-regulation of academic fields at the X Bandung Islamic Boarding School.Keywords: Social Support, Self Regulation, Santri Abstrak. Pesantren X Bandung menyelenggarakan program tahfidz Al-Qur’an dengan target 30 juz (3 tahun), 10 juz (1 tahun), dan 5 juz (1 semester). Untuk mencapai target tersebut, Pesantren memiliki jadwal yang ketat. Dalam kenyataannya, santri tidak mampu mencapai target. Hal-hal yang menjadi hambatannya adalah kurangnya mampu mengatur diri. Hal ini dapat terjadi karena santri merasa teman-teman yang berada di pesantren kurang memberikan dukungan. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data mengenai seberapa erat hubungan antara dukungan teman sebaya dengan self regulation bidang akademik pada santri kelas 1 Aliyah di Pesantren X Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Teknik yang digunakan yaitu studi populasi dengan jumlah subjek 60 orang. Data dukungan sosial menggunakan konsep teori Sarafino, dan self regulation menggunakan konsep teori Zimmerman. Alat ukurnya adalah kuesioner yang dibuat sendiri, setelah melihat validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data menggunakan uji kolerasi Rank Spearman. Dari uji analisis data bahwa uji hipotesis diterima dengan r = 0,703. Dengan demikian, semakin rendah dukungan teman sebaya, maka semakin rendah self regulation bidang akademik di Pesantren X Bandung.Kata Kunci: Dukungan Sosial, Self Regulation, Santri
dc.description Pesantren X Bandung menyelenggarakan program tahfidz Al-Qur’an dengan target 30 juz (3 tahun), 10 juz (1 tahun), dan 5 juz (1 semester). Untuk mencapai target tersebut, Pesantren memiliki jadwal yang ketat. Dalam kenyataannya, santri tidak mampu mencapai target. Hal-hal yang menjadi hambatannya adalah kurangnya mampu mengatur diri. Hal ini dapat terjadi karena santri merasa teman-teman yang berada di pesantren kurang memberikan dukungan. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data mengenai seberapa erat hubungan antara dukungan teman sebaya dengan self regulation bidang akademik pada santri kelas 1 Aliyah di Pesantren X Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Teknik yang digunakan yaitu studi populasi dengan jumlah subjek 60 orang. Data dukungan sosial menggunakan konsep teori Sarafino, dan self regulation menggunakan konsep teori Zimmerman. Alat ukurnya adalah kuesioner yang dibuat sendiri, setelah melihat validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data menggunakan uji kolerasi Rank Spearman. Dari uji analisis data bahwa uji hipotesis diterima dengan r = 0,703. Dengan demikian, semakin rendah dukungan teman sebaya, maka semakin rendah self regulation bidang akademik di Pesantren X Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11480/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/11480/2382
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 779-786
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 779-786
dc.source 2460-6448
dc.subject psikologi
dc.subject Dukungan Sosial, Self Regulation, Santri
dc.subject
dc.subject Dukungan Sosial, Self Regulation, Santri
dc.title Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Self Regulation Bidang Akademik Pada Santri Kelas 1 Aliyah di Pesantren X Bandung
dc.title Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya dengan Self Regulation Bidang Akademik Pada Santri Kelas 1 Aliyah Di Pesantren X Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account