Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Self Esteem dengan Impulse Buying pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas X Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Permana, Renaldy Azhari
dc.creator Kusdiyati, Sulisworo
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:14:16Z
dc.date.available 2019-09-10T02:14:16Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4009
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21311
dc.description Abstract. College students year of 2013 in Faculty of Economy University X Bandung feel unsatisfied with their self, that is caused by how unsatisfied they feel towards the personality they had so the also feel it hard to get attention from their friends and make them really easy to be affected by their friends including in the way how they dress.To increase their self esteem they buy up to date fashion items to support their appearance and self-assesment because that is the thing that being considered by their environment. The purpose of this research is to know how closely the relationship between self esteem and impulse buying college students year of 2013 in Faculty of Economy University X Bandung. The method that used is corellational method with the amount of subject is 38 persons. The standard measuring tool for self esteem is adapted from the theory of Coopersmith (1967),“Coopersmith Self-Esteem Inventory”, and the standard measuring tools for impulse buying is adapted from the Verplanken theory (2001),“The Impulse buying tendencies scale”. According to processed data by Rank Spearman corellation, there are a negative significance relationship between self esteem and impulse buying (rs = -0,516).Abstrak.  Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas X Bandung merasa tidak puas dengan dirinya, hal tersebut disebabkan karena mereka merasa kurang puas dengan kepribadian yang mereka miliki, sehingga mereka juga merasa sulit untuk diperhatikan oleh teman-temannya sehingga membuat mereka mudah terpengaruh oleh teman-temannya, termasuk cara berpakainnya. Untuk meningkatkan penghargaan diri mereka melakukan pembelian produk fashion yang up to date untuk menunjang penampilan mereka dan meningkatkan rasa penilaian diri karena diperhatikan oleh lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan self esteem dengan impulse buying mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas X Bandung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan jumlah subjek sebanyak 38 orang. Alat ukur baku self esteem diadaptasi dari teori Coopersmith (1967) yaitu “Coopersmith Self-Esteem Inventory”, dan alat ukur baku impulse buying yang diadaptasi dari teori Verplanken (2001) yaitu “the impulse buying tendency scale”. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan korelasi Rank Spearman didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara self esteem dengan impulse buying (rs = -0,516).
dc.description  Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas X Bandung merasa tidak puas dengan dirinya, hal tersebut disebabkan karena mereka merasa kurang puas dengan kepribadian yang mereka miliki, sehingga mereka juga merasa sulit untuk diperhatikan oleh teman-temannya sehingga membuat mereka mudah terpengaruh oleh teman-temannya, termasuk cara berpakainnya. Untuk meningkatkan penghargaan diri mereka melakukan pembelian produk fashion yang up to date untuk menunjang penampilan mereka dan meningkatkan rasa penilaian diri karena diperhatikan oleh lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan self esteem dengan impulse buying mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas X Bandung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan jumlah subjek sebanyak 38 orang. Alat ukur baku self esteem diadaptasi dari teori Coopersmith (1967) yaitu “Coopersmith Self-Esteem Inventory”, dan alat ukur baku impulse buying yang diadaptasi dari teori Verplanken (2001) yaitu “the impulse buying tendency scale”. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan korelasi Rank Spearman didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara self esteem dengan impulse buying (rs = -0,516).
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4009/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 764-769
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 764-769
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Self Esteem, Impulse Buying, College Student
dc.subject Psikologi
dc.subject Self Esteem, Impulse Buying, Mahasiswa
dc.title Hubungan Self Esteem dengan Impulse Buying pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas X Bandung
dc.title Hubungan Self Esteem dengan Impulse Buying pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas X Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account