Universitas Islam Bandung Repository

STUDI DESKRIPTIF MENGENAI PERILAKU PROSOSIAL PADA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI PUTRACO INDAH BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi UNISBA
dc.creator FARHAYA, THOYIBBAH PRISCHADANI
dc.creator WAHYUDI, HEDI
dc.date 2015-08-08
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:21:16Z
dc.date.available 2019-09-10T02:21:16Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/992
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21373
dc.description SDN Putraco Indah Bandung adalah salah satu sekolah inklusi di kota Bandung. SDN Putraco Indah Bandung pada awalnya SD Impres lalu berubah status menjadi SD Inklusi pada tahun 2003. Seiringnya waktu, setiap tahun SDN Putraco Indah memiliki jumlah siswa berkebutuhan khusus yang lebih banyak dibandingkan dengan siswa normal, yakni dengan jumlah persentase 65% siswa berkebutuhan khusus dan 35% siswa reguler. Menurut Peraturan Dinas Pendidikan bahwa  setiap kelas maksimal 5 siswa berkebutuhan khusus atau 10% dari jumlah siswa di kelas. Para guru di SDN Putraco Indah yang menyeleksi siswa baru tiap tahunnya. Para guru merasa kasihan dengan kondisi siswa yang tidak diterima sekolah manapun. Para guru tidak mempermasalahkan dengan kapasitas yang jumlah siswa berkebutuhan khusus lebih banyak. Mereka ingin menolong kesulitan yang diarasakan orangtua, walaupun hampir sebagian bukan dengan latar pendidikan Pendidikan Luar Biasa. Selain itu, penghasilan yang didapatkan pun tidak besar. Para guru merasa ini adalah tanggung jawab mereka untuk menolong para siswa dan berbagi rasa dengan para orangtua. Perilaku guru di SDN Putraco Indah tersebut dinamakan perilaku prososial, yaitu tingkah laku yang memberikan keuntungan bagi orang lain (Staub, 1978). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan perilaku prososial yang dimiliki oleh guru SDN Putraco Indah  Bandung. Subjek penelitian ini adalah guru SDN Putraco Indah yaitu berjumlah 11 orang. Pengumpulan data menggunakan alat ukur tingkah laku prososial yang didasarkan pada teori Staub (1978). Alat ukur tersebut mempunyai 60 item yang sudah diuji validitasnya serta memiliki tingkat reliabilitas o,639. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil menunjukkan bahwa 76,9% atau sebanyak 8 orang subjek memiliki perilaku prososial yang tinggi dan 23,1% atau sebanyak 3 orang subjek memiliki perilaku prososial yang rendah.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/992/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 58-66
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 58-66
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Perilaku Prososial, guru dan SDN Putraco Indah
dc.title STUDI DESKRIPTIF MENGENAI PERILAKU PROSOSIAL PADA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI PUTRACO INDAH BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Studi deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account