Universitas Islam Bandung Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA AKHWAT KELAS VIII DI MTS MISBAHUNNUR KOTA CIMAHI

Show simple item record

dc.contributor FAKULTAS PSIKOLOGI
dc.creator NUR'AENI, YENI
dc.creator SUPRAPTININGSIH, ENDANG
dc.date 2015-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:28:34Z
dc.date.available 2019-09-10T02:28:34Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1128
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21436
dc.description MTs Misbahunnur merupakan sekolah setara SMP yang selain mata pelajaran umum di sekolah ini juga dilaksanakan pengembangan pelajaran khusus yaitu pelajaran hafalan qur’an dan pendalaman agama yang lebih. Untuk masuk MTs Misbahunnur terlebih dahulu dilakukan seleksi yaitu berupa tes akademik dan al-qur’an dengan tujuan bahwa agar siswa yang masuk ke MTs tersebut mampu bersaing secara prestasi dan mampu memenuhi segala tuntutan yang ada disekolah tersebut. Namun pada kenyataannya berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu guru di sekolah tersebut mengatakan bahwa sekitar 70% siswa akhwat kelas VIII dari jumlah 33 siswa akhwat di sekolah tersebut saat kegiatan proses belajar mengajar bertingkah laku kurang aktif pada kegiatan belajar mengajar, cepat menyerah dalam mengerjakan tugas, beberapa dari merekapun kebanyakan mengisi tugas dengan asal-asalan. Siswa sering mengulangi kesalahan mereka dalam mengerjakan tugas, tidak berusaha menyelesaikan tugas tepat waktu, mencontek, menggunakan waktu luang tidak untuk belajar, kebanyakan dari mereka memilih teman yang tidak dapat melakukan sharing atau diskusi mengenai pelajaran yang mereka tidak bisa. Fenomena lain yang di dapat bahwa dari mereka banyak yang mempersepsi negatif dukungan yang diberikan oleh orang tua mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiric mmengenai keeratan hubungan anatara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa akhwat kelas VIII di MTs Misbahunnur Cimahi. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini merupakan studi populasi dengan jumlah 33 siswa akwat. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa kuesioner yang diturunkan dari konsep teori dukungan orang tua Sarafino (1990) dan motivasi belajar dari Gage & Berliner (1979). Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji korelasi Rank Spearman, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang tinggi antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar yaitu rs=0,762, artinya semakin negatif pemaknaan terhadap dukungan orang tua maka semakin rendah motivasi belajar siswa akhwat kelas VIII di MTs Misbahunnur Cimahi. Dari seluruh aspek-aspek dukungan orang tua, aspek emotional support merupakan aspek yang paling memiliki keeratan hubungan dengan motivasi belajar siswa yaitu rs=0,737.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1128/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/1128/133
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 144-150
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 144-150
dc.source 2460-6448
dc.subject Fakultas Psikologi
dc.subject Dukungan Orang tua, Motivasi Belajar, Siswa akhwat
dc.title HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA AKHWAT KELAS VIII DI MTS MISBAHUNNUR KOTA CIMAHI
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif, TRIZ


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account