dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Fadillah, Ahmad |
|
dc.creator |
Eryani, Ria Dewi |
|
dc.date |
2017-08-10 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-10T02:31:13Z |
|
dc.date.available |
2019-09-10T02:31:13Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7460 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/21459 |
|
dc.description |
Guru SLB BA diberikan tugas dan wewenang ganda, selain mengajar para guru ada yang menjadi bagian kurikulum, kesiswaan, dan lain-lain. Sarana dan prasarana yang kurang memadai, gaji yang dirasa kurang, namun masih memiliki keyakinan akan kesuksesannya sebagai guru. Hampir semua guru memiliki kinerja yang sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 82,14%. Terdapat pula guru yang masih bertahan hingga lebih dari 8 tahun dan hal itu tidak terlepas dari dukungan sosial lingkungan. Sarafino (1994: 102) berpendapat bahwa dukungan sosial mengacu pada pemberian kenyamanan, perhatian, penghargaan, maupun bantuan dalam bentuk lainnya yang diterimanya individu dari orang lain ataupun dari kelompok. Sedangkan menurut Bandura (1997: 3) self efficacy merupakan keyakinan atau harapan seseorang tentang kapasitas dirinya dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu atau perilakunya saat ini dengan sukses. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan data empiris mengenai hubungan dukungan sosial dengan self efficacy pada guru di SLB BA di Lembang Bandung. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini dilakukan di sekolah luar biasa BA Lembang, populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 8 orang. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji korelasi Rank Spearman, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,435. Menurut kriteria Guildford 1965 (Noor, 2009) 0,435 termasuk kedalam korelasi yang cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masih terdapat variabel lain yang dapat mempengaruhi self efficacy, selain dukungan sosial pada guru sekolah luar biasa BA di Lembang Bandung. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas Islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7460/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi |
|
dc.source |
Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 652-659 |
|
dc.source |
Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 652-659 |
|
dc.source |
2460-6448 |
|
dc.subject |
Psikologi |
|
dc.subject |
Dukungan Sosial, Self Efficacy, Guru SLB |
|
dc.title |
Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Efficacy Pada Guru Sekolah Luar Biasa Bina Anugrah di Lembang Bandung |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Korelasional |
|