Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Self Esteem dengan Prososial pada Siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Luqiatunadzar, Nazela
dc.creator Yusuf, Umar
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:04Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:04Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4202
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21552
dc.description Abstract. Hikmah Teladan Junior High School is a diverse school because there has students with special needs. This school teaches the attitude of helpingto all students particularly  on  students  with  special  needs  who  are  still  in  need  of  helping  and guidance, but the problem is not all students can well behave to students with special needs. Students also showed a variety of self esteem. This study aimed to determine how  closely  the  relationship  between  Self  Esteem  with  Prosocial  toward  Hikmah Teladan Junior High School Cimahi. This study used quantitative methods. Instrument that used to collect data is self esteem scale compiled by researcher with reference to the theory of Self Esteem from Coopersmith and Prosocial scale compiled by researchers with reference  to the theory of Prosocial  of Eisenberg  and Mussen.  This study was conducted on 30 Hikmah Teladan Junior High School Cimahi. Data was analyzed by using non-parametric statistical techniques, correlation sprearman using SPSS. Based on the analysis of data obtained by the value of a positive correlation between self-esteem with prosocial, amounting to 0,404. The results showed that in this study that the higher self  esteem,  the  higher  prosocial  behavior  of  HikmahTeladan  Junior  High  School Cimahi student.Abstrak. Sekolah SMP Hikmah Teladan adalah sekolah yang memiliki siswa yang beragam karena terdapat siswa berkebutuhan khusus yang juga beragam. Pihak sekolah SMP Hikmah Teladan menanamkan sikap menolong kepada seluruh siswa di sekolah, khususnya terhadap siswa berkebutuhan khusus yang masih membutuhkan bantuan dan bimbingan, namun tidak semua siswa dapat berperilaku menolong terhadap siswa berkebutuhan khusus. Siswa pun menunjukan self esteem yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara Self Esteem dengan Prososial pada siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala Self Esteem yang disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Self Esteem dari Coopersmith dan skala Prososial disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Prososial dari Eisenberg dan Mussen. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Analisis data dilakukan dengan teknik statistic non parametric, korelasi sprearman menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai korelasi positif antara self esteem dengan prososial, yaitu sebesar 0,404. Hasil tersebut menunjukan bahwa dalam penelitian ini semakin tinggi self esteem maka semakin tinggi pula perilaku prososial siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. 
dc.description Sekolah SMP Hikmah Teladan adalah sekolah yang memiliki siswa yang beragam karena terdapat siswa berkebutuhan khusus yang juga beragam. Pihak sekolah SMP Hikmah Teladan menanamkan sikap menolong kepada seluruh siswa di sekolah, khususnya terhadap siswa berkebutuhan khusus yang masih membutuhkan bantuan dan bimbingan, namun tidak semua siswa dapat berperilaku menolong terhadap siswa berkebutuhan khusus. Siswa pun menunjukan self esteem yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara Self Esteem dengan Prososial pada siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala Self Esteem yang disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Self Esteem dari Coopersmith dan skala Prososial disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Prososial dari Eisenberg dan Mussen. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Analisis data dilakukan dengan teknik statistic non parametric, korelasi sprearman menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai korelasi positif antara self esteem dengan prososial, yaitu sebesar 0,404. Hasil tersebut menunjukan bahwa dalam penelitian ini semakin tinggi self esteem maka semakin tinggi pula perilaku prososial siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4202/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 619-624
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 619-624
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Self Esteem, Prosocial, HikmahTeladan
dc.subject Psikologi
dc.subject Self Esteem, Prososial, Siswa SMP Hikmah Teladan
dc.title Hubungan antara Self Esteem dengan Prososial pada Siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi
dc.title Hubungan antara Self Esteem dengan Prososial pada Siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account