Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Self Awareness dengan Impulse Buying pada Ibu Muda Kelompok Zumba Randufitnes di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Munggaran, Ginanti Anugrah Putri
dc.creator Nugrahawati, Eni Nuraeni
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:04Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:04Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7614
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21561
dc.description Wanita tidak bisa lepas dari  tren fashion. Hal ini disebabkan para wanita ingin selalu tampil menjadi  pusat perhatian. Hal tersebut pula yang pada akhirnya membuat ibu muda berlomba-lomba untuk tampil menarik sehingga timbul kekhawatiran jika mereka tidak sesuai dengan tuntutan sosial yang pada akhirnya mendorong mereka melakukan perilaku Impulse buying. Impulse buying adalah pembelian yang lebih didasarkan pada emosi tanpa disertai dengan pertimbangan. Salah satu hal yang mempengaruhi impulse buying tersebut adalah self awareness. Self awareness itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu public self awareness dan private self awareness. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data empiris mengenai signifikasi hubungan antara self awareness dengan impulse buying yang dilakukan ibu muda yang tergabung dalam Kelompok Zumba Randufines di Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kolerasional,dengan jumlah populasi sebesar 32 orang. Pengambilan data menggunakan alat ukur Self Concius Scale milik Fenigstein (1975) dan IBT (Impulse Buying Tendencies) milik Verplanken dan Herabadi (2001). Pengolahan data menggunakan uji korelasi chi kuadrat atau koefisien kontingensi C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keeratan yang signifikan antara self awareness dengan impulse buying C = 0,391. Hal ini berarti besarnya derajat hubungan antara Self Awareness dengan Impulse Buying sebesar 39.1%. Artinya Self Awareness memiliki hubungan yang sedang signifikan terhadap Impulse Buying, sedangkan sisanya yakni sebesar 60.9% variabel Impulse Buying dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Ibu muda dengan public self awareness skor impulse buying tinggi (56,2%), sedangkan sisanya impulse buying rendah (9,4%). Sementara itu, ibu muda dengan private self awareness skor memiliki impule buying rendah (18,8%), sedangkan sisanya memiliki impulse buying tinggi (15,6%).
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7614/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 844-850
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 844-850
dc.source 2460-6448
dc.subject PSIKOLOGI SOSIAL
dc.subject Ibu muda , Impulse buying, Self awareness
dc.title Hubungan Self Awareness dengan Impulse Buying pada Ibu Muda Kelompok Zumba Randufitnes di Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type KORELASIONAL


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account