dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Ulfah, Rizka |
|
dc.creator |
Qodariah, Siti |
|
dc.date |
2016-02-19 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-10T02:39:07Z |
|
dc.date.available |
2019-09-10T02:39:07Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2841 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/21589 |
|
dc.description |
Z elementary school Bandung is a school located in an over populated settlement area in Bandung city; Kiaracondong Bandung. The school is the only closest school to garbage dump (TPS). Most of students in the school are from low social economy status especially class 2. Based on the observation and interview, the students in the class have little pocket money, obtain less attention from their parents especially in academic achievement, social intercourse, and their health. The students of this school are happier to spend most of their time outside of the house than inside. The objective of this study is to describe children well-being on students of class 2 in SD Z (elementary school) Bandung. Data collection used is a children well-being questionnaire of Diener’s Subjective well-being theory and modified by ISCWeb with 8 domains and contains 66 question items with nominal data. The results show that 2 highess and most special domains of children well-being are interpersonal relationship and personal satisfaction domains. |
|
dc.description |
Sekolah Dasar X Bandung merupakan sekolah yang berada di salah satu daerah pemukiman padat di kota Bandung, yaitu di daerah Kiaracondong Bandung. Selain itu SD tersebut merupakan satu-satunya SD yang terletak dekat tempat pembuangan sampah (TPS). Mayoritas siswa di sekolah ini berasal dari keluarga yang mempunyai status sosial ekonomi rendah terutama pada siswa kelas 2. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa-siswi di sekolah ini kurang dalam mendapatkan uang jajan, kurang perhatian dari orangtua terutama dalam prestasi akademik, pergaulan, dan kesehatan anak. Siswa-siswi disekolah ini lebih senang menggunakan waktu luangnya untuk bermain di luar rumah daripada di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran childrens well-being pada siswa kelas 2 yang memiliki keluarga dengan status sosial ekonomi rendah terbanyak. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 31 siwa kelas 2 di SD Z Bandung. Pengumpulan data berupa kuesioner childrens well-being dari teori Subjective well-being Diener kemudian dimodifikasi oleh ISCWeb yang dilihat dari 8 domain dan terdiri dari 66 item pertanyaan yang diperolah berupa data nominal. Hasil pengolahan data menunjukkan 2 domain childrens well-being yang paling tinggi atau yang paling khas, yaitu domain satisfaction with interpersonal relationship (100%), dan domain personal satisfaction (100%). |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas Islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2841/pdf |
|
dc.source |
Prosiding Psikologi; Vol 2, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2016); 171-178 |
|
dc.source |
Prosiding Psikologi; Vol 2, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2016); 171-178 |
|
dc.source |
2460-6448 |
|
dc.subject |
Proceedings of Psychology |
|
dc.subject |
Children well-being, class 2 of elementary school, economics status. |
|
dc.subject |
Psikologi |
|
dc.subject |
Childrens well-being, kelas 2 SD, status ekonomi |
|
dc.title |
Descriptive study of children’s well-being on students of class 2 in Z elementary school Bandung. |
|
dc.title |
Studi Deskriptif mengenai Childrens Well-being pada Siswa Kelas 2 di SD Z Bandung |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
qualitative |
|
dc.type |
Kualitatif |
|