Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Decision Making Competence pada Mahasiswa Pemain Dota 2 di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Nugraha, Ridwan
dc.creator Nugraha, Suci
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:39:14Z
dc.date.available 2019-09-10T02:39:14Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3910
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21670
dc.description Abstract. Skill to making a decision or decision making competence, is an important skill. This research focus on assesment about decision making competence in Dota 2 player which are college student in Psychology Faculty of University of Islam Bandung. Purpose of this research is to describe decision making competence in college student who play Dota 2.  To achieve that purpose, description study will be use as the research method. Responden of the research is 12 student  that play Dota 2. Pusposive sampling will be use in this study. A-DMC from Parker and Fischhoff’s (2005) will be use as main instrument to assess the student decision making competence. Result of this research, 11 from 12 student have an irrational decision making competence. Their decision making competence is consistent but not acurate. Abstrak. Kemampuan mengambil keputusan atau decision making competence merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki. Penelitian ini akan mengukur decision making competence pada mahasiswa pemain Dota 2 yang secara tidak langsung melatih kemampuan decision making competence dengan bermain video game yaitu Dota 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran decision making competence para mahasiswa yang merupakan pemain dota 2. Agar tujuan penelitian tersebut dapat tercapai penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode studi deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap 12 orang akan diukur decision making competence.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposif. Pengukuran dilakukan dengan melihat akurasi dan konsistensi dari keputusan yang dibuat oleh subjek. Instrumen pengukuran yang akan digunakan adalah A-DMC dari Parker and Fischhoff’s (2005). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar pemain Dota 2 memiliki decision making competence yang tidak rasional. Decision making competence para mahasiswa ini sudah dapat konsisten namun belum dapat akurat.  
dc.description Kemampuan mengambil keputusan atau decision making competence merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki. Penelitian ini akan mengukur decision making competence pada mahasiswa pemain Dota 2 yang secara tidak langsung melatih kemampuan decision making competence dengan bermain video game yaitu Dota 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran decision making competence para mahasiswa yang merupakan pemain dota 2. Agar tujuan penelitian tersebut dapat tercapai penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode studi deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap 12 orang akan diukur decision making competence.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposif. Pengukuran dilakukan dengan melihat akurasi dan konsistensi dari keputusan yang dibuat oleh subjek. Instrumen pengukuran yang akan digunakan adalah A-DMC dari Parker and Fischhoff’s (2005). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar pemain Dota 2 memiliki decision making competence yang tidak rasional. Decision making competence para mahasiswa ini sudah dapat konsisten namun belum dapat akurat.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3910/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 724-729
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 724-729
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Decision making competence, Dota 2 Player, A-DMC
dc.subject Psikologi; Teknologi
dc.subject Decision Making Competence; Pemain Dota 2; A-DMC
dc.title Studi Deskriptif Decision Making Competence pada Mahasiswa Pemain Dota 2 di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung
dc.title Studi Deskriptif Decision Making Competence pada Mahasiswa Pemain Dota 2 di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Descriptive Study
dc.type Studi Deksriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account