dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Larasati, Arrini Cipta |
|
dc.creator |
Nawangsih, Endah |
|
dc.date |
2016-08-10 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-10T02:39:15Z |
|
dc.date.available |
2019-09-10T02:39:15Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3749 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/21693 |
|
dc.description |
Abstract. Attention Defisit Disorder is a behavioral disorder that is more experienced by children of school age. This disorder causes a child is difficult to sustain attention while receiving lessons in school. Impact their grades in school becomes lower than his classmates. This happens not because the low cognitive capacity, but because of an error in the brain that makes them difficult to concentrate the attention. Children with ADD typically havse an average IQ capacity or even above-average. There is multiple therapist to reduce behavioral inattention in children with ADD, one way is to use a brain wave therapy Binaural Beats. The purpose of this study was to look at changes in the level of inattention on MI Asih Putera students who have attention deficit disorder. The method used is an experimental method with experiment design Interrupted Time Series Design. Results from this study is the decrease rate of the inattention of high category with a score = 126 before treatment into the medium category with a score = 78.5 after being given treatment, which means there is a decrease of 37.7%. It can be concluded that the therapy Binaural Beats can be influential in reducing the intensity of inattention on MI Asih Putera Student with Attention Defisit Disorder. Abstrak. Gangguan Pemusatan Perhatian atau ADD merupakan suatu gangguan perilaku yang lebih banyak dialami oleh anak-anak usia sekolah. Ganguan ini menyebabkan anak sulit untuk mempertahankan perhatiannya ketika menerima pelajaran disekolah. Dampaknya nilai-nilai mereka disekolah menjadi lebih rendah dibanding teman-teman sekelasnya. Hal tersebut terjadi bukan karena kapasitas kognitif yang rendah, melainkan karena adanya kesalahan pada otak yang membuat mereka sulit memusatkan perhatianya. Anak dengan ADD biasanya memiliki kapasitas IQ rata-rata atau bahkan diatas rata-rata.Terdapat berbagai macam terapi untuk menurunkan perilaku inattention pada anak dengan ADD, salah satu caranya adalah terapi gelombang otak menggunakan Binaural Beats. Tujuan Penelitian ini untuk melihat perubahan tingkat inattention pada siswa MI Asih Putera yang mengalami gangguan pemusatan perhatian. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen Interrupted Time Series Design. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penurunan tingkat inattention dari kategori sering dengan skor = 126 sebelum treatment menjadi kategori kadang-kadang dengan skor = 78,5 setelah diberikan treatment yang berarti terdapat penurunan sebesar 37,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi Binaural Beats dapat berpengaruh dalam menurunkan intensitas perilaku inattention pada siswa MI Asih Putera yang mengalami gangguan Pemusatan Perhatian. |
|
dc.description |
Gangguan Pemusatan Perhatian atau ADD merupakan suatu gangguan perilaku yang lebih banyak dialami oleh anak-anak usia sekolah. Ganguan ini menyebabkan anak sulit untuk mempertahankan perhatiannya ketika menerima pelajaran disekolah. Dampaknya nilai-nilai mereka disekolah menjadi lebih rendah dibanding teman-teman sekelasnya. Hal tersebut terjadi bukan karena kapasitas kognitif yang rendah, melainkan karena adanya kesalahan pada otak yang membuat mereka sulit memusatkan perhatianya. Anak dengan ADD biasanya memiliki kapasitas IQ rata-rata atau bahkan diatas rata-rata.Terdapat berbagai macam terapi untuk menurunkan perilaku inattention pada anak dengan ADD, salah satu caranya adalah terapi gelombang otak menggunakan Binaural Beats. Tujuan Penelitian ini untuk melihat perubahan tingkat inattention pada siswa MI Asih Putera yang mengalami gangguan pemusatan perhatian. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen Interrupted Time Series Design. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penurunan tingkat inattention dari kategori sering dengan skor = 126 sebelum treatment menjadi kategori kadang-kadang dengan skor = 78,5 setelah diberikan treatment yang berarti terdapat penurunan sebesar 37,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi Binaural Beats dapat berpengaruh dalam menurunkan intensitas perilaku inattention pada siswa MI Asih Putera yang mengalami gangguan Pemusatan Perhatian. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas Islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3749/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi |
|
dc.source |
Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 430-435 |
|
dc.source |
Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 430-435 |
|
dc.source |
2460-6448 |
|
dc.subject |
Proceedings of Psychology |
|
dc.subject |
Attention Defisit Disorder, Binaural Beats, Inattention |
|
dc.subject |
Psikologi |
|
dc.subject |
Gangguan Pemusatan Perhatian, Binaural Beats, Inatensi. |
|
dc.title |
Pengaruh Pemberian Binaural Beats Terhadap Tingkat Inattention pada Siswa Mi Asih Putera (Penelitian pada Siswa yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian) |
|
dc.title |
Pengaruh Pemberian Binaural Beats Terhadap Tingkat Inattention pada Siswa Mi Asih Putera (Penelitian pada Siswa yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian) |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
qualitative |
|
dc.type |
kualitatif |
|