Description:
Abstrak. BSC memiliki keistimewaan dalam hal cakupan pengukurannya yang cukup komprehensif karena selain tetap mempertimbangkan kinerja keuangan. BSC juga mempertimbangkan kinerja-kinerja non keuangan, yaitu pelanggan, proses internal bisnis, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Mengacu pada permasalahan yang dihadapi oleh CV. Lestari Glass. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan beberapa hal sebabai berikut: 1) Kinerja perspektif keuangan pada CV. Lestari Glass secara keseluruhan dapat disimpulkan atau dinilai sedang, karena secara umum rasio-rasio keuangan mengalami penurunan. 2) Kinerja perspektif pelanggan pada CV. Lestari glass secara keseluruhan dapat disimpulkan kurang baik, karena jumlah pelanggan yang menurun tiap tahunnya sedangkan kemampuan perusahaan dalam melakukan akuisisi pelanggan sedang. 3) Kinerja perspektif proses bisnis intern pada Perusahaan CV. Lestari Glass secara disimpulkan sedang, karena inovasi tergantung pada keahlian dari karyawan untuk memproduksi produk baru dan base cost productivity yang juga menurun tiap tahunnya. 4) Kinerja perspektif learning and growth pada CV. Lestari Glass dapat disimpulkan baik pada aspek perputaran karyawan masuk dalam kriteria baik sedangkan produktivitas karyawan mengalami penurunan. Tingkat kepuasan karyawan disimpulkan sedang karena karyawan masih kurang puas terhadap beberapa hal.