Universitas Islam Bandung Repository

Meningkatkan Kualitas Bahan Baku Kulit dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Lestari, Hesty Rahayu
dc.date 2017-01-26
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:05:04Z
dc.date.available 2019-09-12T02:05:04Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/6318
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22803
dc.description Abstract. Competition in the business nowaday is increasingly tight. It is also perceived by leather business doers like PT Elco Sejahtera Indonesia. There are many similar businesses that sprung up with their own characteristic. In order to make the customer satisfied and does not move to another place, then the company should know the factors that affect the customer satisfaction. The customer satisfaction can be created through the price, the quality product and the service quality. Specifically, the research discusses the quality product toward the customer satisfaction. The final study was conducted in Elco PT Sejahtera Indonesia, a company that manufactures leather raw materials. The problems at the company today is the quality of leather raw materials to consumer satisfaction, causing differences in the assessment of each person. To overcome the current problems can using Importance Performance Analysis (IPA), which is to measure the level of satisfaction and the interests of consumers against the leather products from PT Elco Sejahtera Indonesia also known as quadrant analysis. The selection using the IPA will involve assessment of people who are consumers Elco PT Sejahtera Indonesia. The purpose of this study was to identify the factors of quality leather products PT Elco Sejahtera Indonesia, to measure the level of satisfaction and the interests of consumers against skin products PT Elco Sejahtera Indonesia using Analysis Importance Performance (IPA), to implement the Importance Performance Analysis (IPA ) at the company, as well as suggested improvements by using Standard Operating Procedure (SOP) to the company in order to achieve an increase in consumer relations. This research was conducted in Jalan Jalan Ahmad Yani or Gagaklumayung, Sukaregang Garut. Respondents were used by 50 respondents. The results showed that all factors tested the positive and significant impact on customer satisfaction through Importance Performance Analysis. Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kualitas produk kulit PT Elco Sejahtera Indonesia, untuk mengukur tingkat kepuasan dan kepentingan konsumen terhadap produk kulit PT Elco Sejahtera Indonesia dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), untuk menerapkan metode Importance Performance Analysis (IPA) di perusahaan, serta mengusulkan perbaikan dengan menggunakan SOP (Standard Operating Procedure) kepada perusahaan demi tercapainya peningkatan hubungan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Jalan Ahmad Yani atau Jalan Gagaklumayung, Sukaregang Garut. Responden yang digunakan sebanyak 50 responden. PT Elco Sejahtera Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi bahan baku kulit. Permasalahan pada perusahaan ini yaitu kualitas bahan baku kulit terhadap kepuasan konsumen sehingga menimbulkan perbedaan penilaian dari setiap orang. Untuk mengatasi permasalahan saat ini dapat menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang merupakan suatu untuk mengukur hubungan antara performance dan importance yang dikenal pula sebagai quadrant analysis. Pemilihan dengan menggunakan metode IPA akan melibatkan penilaian dari orang-orang yang merupakan konsumen PT Elco Sejahtera Indonesia. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penilaian kualitas produk meliputi menyebarkan kuesioner kepada konsumen PT Elco Sejahtera Indonesia, sehingga untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penurunan kualitas produk digunakan metode Importance Performance Analysis. Kualitas produk adalah variabel paling penting dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 
dc.description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kualitas produk kulit PT Elco Sejahtera Indonesia, untuk mengukur tingkat kepuasan dan kepentingan konsumen terhadap produk kulit PT Elco Sejahtera Indonesia dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), untuk menerapkan metode Importance Performance Analysis (IPA) di perusahaan, serta mengusulkan perbaikan dengan menggunakan SOP (Standard Operating Procedure) kepada perusahaan demi tercapainya peningkatan hubungan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Jalan Ahmad Yani atau Jalan Gagaklumayung, Sukaregang Garut. Responden yang digunakan sebanyak 50 responden. PT Elco Sejahtera Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi bahan baku kulit. Permasalahan pada perusahaan ini yaitu kualitas bahan baku kulit terhadap kepuasan konsumen sehingga menimbulkan perbedaan penilaian dari setiap orang. Untuk mengatasi permasalahan saat ini dapat menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang merupakan suatu untuk mengukur hubungan antara performance dan importance yang dikenal pula sebagai quadrant analysis. Pemilihan dengan menggunakan metode IPA akan melibatkan penilaian dari orang-orang yang merupakan konsumen PT Elco Sejahtera Indonesia. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penilaian kualitas produk meliputi menyebarkan kuesioner kepada konsumen PT Elco Sejahtera Indonesia, sehingga untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penurunan kualitas produk digunakan metode Importance Performance Analysis. Kualitas produk adalah variabel paling penting dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/6318/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/downloadSuppFile/6318/1089
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Teknik Industri
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 3, No 1, Prosiding Teknik Industri (Febaruari, 2017); 124-130
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 3, No 1, Prosiding Teknik Industri (Febaruari, 2017); 124-130
dc.source 2460-6502
dc.subject Industrial Engineering
dc.subject product quality, the consumer satisfaction, importance performance analysis (IPA), SOP (Standard Operating Procedure)
dc.subject Teknik Industri
dc.subject Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Importance Performance Analysis (IPA), SOP (Standard Operating Procedure)
dc.title Meningkatkan Kualitas Bahan Baku Kulit dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)
dc.title Meningkatkan Kualitas Bahan Baku Kulit dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Quantitative
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account