Budi N, Herlambang; A. M., M. Dzikron; Djamaludin, Djamaludin
Description:
Industri fashion sebagai salah satu industri kreatif dalam perkembangannya saat ini meningkat pesat dibandingkan dengan industri kreatif lainnya. Salah satu jenis usaha dari sub sektor industri fashion ini adalah distro (distribution outlet). Keberadaan jenis usaha ini sudah diakui keberadaannya oleh pemerintah sebagai bagian dari subsektor industri fashion yang berperan besar terhadap pertumbuhan perekonomian Kota Bandung. Objek dalam penelitian ini yaitu Distro X yang merupakan salah satu distro yang berada di Kota Bandung, seiring dengan perkembangannya masih banyak permasalahan yang ditemukan. Dampaknya yaitu terjadi penurunan omset penjualan selama 2 tahun terakhir. Bila tidak ada upaya yang dilakukan, hal ini dapat mengakibatkan semakin turunnya jumlah konsumen baik dari penjualan eceran maupun grosir. Oleh karena itu, diperlukan suatu perumusan strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing di tengah persaingan yang semakin ketat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (MPSK). Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat kesimpulan berupa usulan-usulan strategi yang diperoleh. Usulan strategi terpilih yaitu dengan melakukan peningkatan standar kualitas produk dan pelayanan. Usulan strategi tersebut merupakan strategi yang memiliki daya tarik tinggi untuk diterapkan pada Distro X dalam memanfaatkan kekuatan secara maksimal, mengatasi kelemahan, merespon dengan baik peluang, dan menghindari ancaman yang ada.