Description:
Pelayanan yang baik adalah faktor penting yang harus dimiliki oleh perusahaan untuk menciptakan pelanggan yang loyal. Penelitian dilakukan di Swamitra Koperasi Sukabumi Study Center, salah satu produk pada perusahaan ini adalah pembayaran tagihan Payment Point Online Bank (PPOB) dan biaya pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang layanan sistem pembayaran tagihan PPOB dan biaya pendidikan yang terintegrasi secara online di Swamitra Koperasi Sukabumi Study Center yang dipetakan dalam cetak biru layanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Analisis Five Forces untuk mengetahui kondisi perusahaan terhadap pasar, selanjutnya metode service quality untuk mengetahui kesenjangan yang terjadi antara ekspektasi pelanggan dan persepsi konsumen terhadap layanan yang diberikan dan mengetahui prioritas layanan yang harus diperbaiki, selanjutnya metode benchmarking untuk mengetahui bagaimana perusahaan lain menjalankan bisnisnya, selanjutnya metode service blueprint untuk merancang sistem layanan pembayaran tagihan yang menjadi usulan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Hasil yang diperoleh yaitu kondisi perusahaan yang rawan salah satu penyebabnya semakin banyak kompetitor yang mulai bermunculan, merancang sistem pembayaran tagihan yang baru yang dipetakan dalam cetak biru layanan.