Universitas Islam Bandung Repository

Event 7missions Bank Negara Indonesia

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Rahmawati, Nurul
dc.creator Hernawati, Riza
dc.date 2018-08-03
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:21Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:21Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/11042
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23007
dc.description Abstract. BNI is one of the banks that issued electronic money called TapCash. To introduce its products to the community, definitely, Banks have to do some kind of promotion. Different from the other banks, besides doing general promotion, BNI also doing promotion through a competition event, that is 7Missions’ BNI to promote the TapCash. The purpose of this paper are: (1) To find out the reasons for choosing 7Missions’ BNI event in order to promote TapCash .; (2) To find out the reason how the preparation of BNI 7Missions’ event can be done in a short time; (3) To find out how to handle participants who do not understand how to use TapCash during the BNI 7Missions’ event; (4) To find out the evaluation of BNI 7Missions’ event in promoting TapCash. The method used in this research was qualitative method using case study approach. The data collection was done by interview technique, and field observation, and literature study. Test data validity was done by triangulation source and triangulation technique. The results of the research shows that the BNI 7Missions event was chosen as a media campaign because the event could teach people how to use TapCash directly. The preparation for the event was very short but the event could be running well. The obstacles that occured during the event had been minimized by the direction and the involvement of BNI’s employees in each group’s in the event. Evaluations was made after the event were only seen from the participants' reactions and their postings on social media.Keywords: BNI, Promotion, TapCash, Event 7Missions Abstrak. BNI merupakan salah satu Bank yang mengeluarkan uang eletronik yang diberi nama TapCash. untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat tentu saja semua Bank harus melakukan promosi. Selain melakukan promosi seperti perusahaan perbankan lainnya, BNI melakukan promosi melalui sebuah event kompetisi yaitu 7Missions BNI untuk mempromosikan TapCash. Tujuan Penelitian ini, antara lain: (1) Untuk mengetahui alasan dipilihnya event 7Missions BNI untuk mempromosikan TapCash.; (2) Untuk mengetahui alasan persiapan event 7Missions BNI dapat dilakukan dalam jangka waktu yang singkat.; (3) Untuk mengetahui cara mengatasi peserta yang tidak memahami cara menggunakan TapCash dalam pelaksanaan event 7Missions BNI; (4) Untuk mengetahui evaluasi event 7Missions BNI dalam mempromosikan TapCash. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan observasi di lapangan, dan studi pustaka. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menemukan bahwa event 7Missions BNI ini dipilih sebagai media promosi karena dapat langsung mengaplikasihkan TapCash secara langsung. Persiapan event sangat singkat namun mampu berjalan dengan baik. Hambatan yang terjadi selama event sudah di minimalisir oleh adanya pengarahan dan pegawai BNI di setiap kelompok. Evaluasi yang dilakukan setelah event hanya dilihat dari reaksi para peserta dan posting-an media sosialnya.Kata kunci: BNI, Promosi, TapCash, Event 7Missions.
dc.description BNI merupakan salah satu Bank yang mengeluarkan uang eletronik yang diberi nama TapCash. untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat tentu saja semua Bank harus melakukan promosi. Selain melakukan promosi seperti perusahaan perbankan lainnya, BNI melakukan promosi melalui sebuah event kompetisi yaitu 7Missions BNI untuk mempromosikan TapCash.Tujuan Penelitian ini, antara lain: (1) Untuk mengetahui alasan dipilihnya event 7Missions BNI untuk mempromosikan TapCash.; (2) Untuk mengetahui alasan persiapan event 7Missions BNI dapat dilakukan dalam jangka waktu yang singkat.; (3) Untuk mengetahui cara mengatasi peserta yang tidak memahami cara menggunakan TapCash dalam pelaksanaan event 7Missions BNI; (4) Untuk mengetahui evaluasi event 7Missions BNI dalam mempromosikan TapCash.Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan observasi di lapangan, dan studi pustaka. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.Hasil penelitian menemukan bahwa event 7Missions BNI ini dipilih sebagai media promosi karena dapat langsung mengaplikasihkan TapCash secara langsung. Persiapan event sangat singkat namun mampu berjalan dengan baik. Hambatan yang terjadi selama event sudah di minimalisir oleh adanya pengarahan dan pegawai BNI di setiap kelompok. Evaluasi yang dilakukan setelah event hanya dilihat dari reaksi para peserta dan posting-an media sosialnya.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/11042/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 376-380
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 376-380
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject BNI, Promosi, TapCash, Event 7Missions
dc.subject
dc.subject BNI, Promosi, TapCash, Event 7Missions
dc.title Event 7missions Bank Negara Indonesia
dc.title EVENT 7MISSIONS BANK NEGARA INDONESIA (Studi kasus mengenai event 7Missions Bank Negara Indonesia sebagai salah satu kegiatan untuk mempromosikan TapCash)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif
dc.type Kualitatif, Studi Kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account