Universitas Islam Bandung Repository

Citra Baru SMK Negeri 2 Bogor

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Abdurrachman, Firza
dc.creator Trigartanti, Wulan
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:30Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:30Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6972
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23055
dc.description SMK Negeri 2 Bogor dalam kurang lebih 20 tahun terakhir ini meskipun menjadi salah satu sekolah kejuruan favorit di Bogor (khususnya Kota Bogor) namun memiliki citra yang kurang baik di mata masyarakat yakni sebagai salah satu sekolah di Kota Bogor yang siswanya sering sekali melakukan perkelahian pelajar. Namun dalam 3 tahun terakhir ini mulai berusaha untuk melepaskan citra yang kurang baik tersebut dengan berbagai strategi untuk membentuk citra yang lebih baik, maka upaya Rebranding pun dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa sajakah yang dilakukan oleh SMK Negeri 2 Bogor dalam melakukan rebranding untuk bisa membentuk citranya menjadi sekolah yang anti perkelahian pelajar, serta alasan dan hambatan apa saja yang mereka temui dalam melakukan pembentukan citra tersebut. Tujuan khusus penelitian ini ialah untuk menganalisis bagaimana strategi pembentukan citra baru yang dilakukan SMK Negeri 2 Bogor menjadi sekolah anti perkelahian pelajar melalui rebranding.. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal, dimana studi kasus merupakan tipe pendekatan dalan penelitian yang menelaah suatu kasus secaa intensif, mendalam, mendetail dan komprehensif. Dari hasil dari penelitian diketahui bahwa strategi yang diterapkan di SMK Negeri 2 Bogor terdiri dari dua macam strategi yakni internal dan eksternal, dimana dua macam strategi tersebut merupakan merupakan dua tahapan yang berbeda. Strategi yang diterapkan pada internal dilakukan dengan banyak merubah peraturan, kebijakan dan bertujuan untuk memberantas penyimpangan perilaku pelajar yang ada di SMK Negeri 2 Bogor dan juga meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh SMK Negeri 2 Bogor. Sedangkan strategi yang ditujukan kepada eksternal bertujuan untuk mengenalkan citra baru yang dimiliki oleh SMK Negeri 2 Bogor kepada masyarakat. Diketahui juga bahwa strategi yang dijalankan di SMK Negeri 2 Bogor tidak semuanya merupakan strategi yang direncanakan secara matang dari awal namun juga ada beberapa strategi yang secara spontan dijalankan yang merupakan pengembangan dari aturan yang ditetapkan dinas pendidikan.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6972/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 313-320
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 313-320
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Citra, Rebranding, SMK Negeri 2 Bogor, Perkelahian pelajar, Tauran
dc.title Citra Baru SMK Negeri 2 Bogor
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account