Universitas Islam Bandung Repository

Representasi Citra Wanita Muslim dalam Iklan Nike

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Hamzah, Marsha Hamrah
dc.creator Palapah, Maya Amalia Oesman
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:33Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:33Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6983
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23081
dc.description Iklan terbilang efektif dalam menjual dan menawarkan produk karena iklanlah yang menghubungkan perusahaan dengan konsumennya, maka dari itu perusahaan berlomba-lomba menarik konsumen dengan ide-ide kreatifnya. Iklan tidak sekedar memberikan  informasi tapi juga memanipulasi pikiran konsumen secara persuasif untuk mengubah sikap dan pikiran sehingga mau membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Iklan dapat memunculkan sistem nilai baru dan merubah sistem nilai yang sudah ada di masyarakat. Salah satunya adalah produsen Nike, melalui perilisan iklan Pro Hijab ini, Nike ingin menyajikan sebuah iklan yang mempunyai tujuan untuk menggambarkan kehidupan sorang atlet wanita Muslim di Negara Timur Tengah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda (sign) representasi citra wanita muslimah dalam iklan Nike Pro Hijab, mengetahui acuan tanda (object) representasi citra wanita muslim dalam iklan Nike Pro Hijab, untuk mengetahui penggunaan tanda (interpretant) representasi citra wanita muslim dalam iklan Nike Pro Hijab dan untuk mengetahui tinjauan pakaian olahraga wanita muslim menurut mahasiswa Fikom Unisba 2013. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiotika, analisis semiotika yang digunakan dalam penelitian ini pada dasarnya dilakukan dengan menggunakan teori pragmatism Charles Sanders Peirce dimana proses pemaknaan tanda menggunakan model triadic atau teori segitiga makna (Sign, Object dan Interpretant). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, studi kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan triangulasi sumber. Hasil analisis yang didapat dari iklan ini menyatakan representasi citra wanita muslim yang direpresentasikan oleh produsen Nike digambarkan oleh gestur tubuh dan penampilan beberapa atlet wanita yang menggunakan hijab yang disuguhkan dalam  sign, object dan interprentant dalam iklan. Tinjauan pakaian olahraga wanita menurut mahasiswa Fikom adalah hijab tidak membatasi aktifitas sehari-hari termasuk aktifitas berat seperti olahraga, dalam segi pakaian, pakaian yang dikenakan wanita berhijab pada saat olahraga haruslah  tertutup dan tetap nyaman, disesuaikan dengan tempat.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6983/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 351-355
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 351-355
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Iklan, Representasi, Citra, Hijab, Nike dan Semiotika
dc.title Representasi Citra Wanita Muslim dalam Iklan Nike
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account