Universitas Islam Bandung Repository

Persepsi Mengenai Profesi Public Relations pada Anggota Perhumas Muda

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Purnama, Nilam
dc.creator Chatamallah, Maman
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:37Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:37Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6770
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23098
dc.description Salah satu organisasi yang ada di Indonesia saat ini ialah Perhumas. Perhumas memiliki naungan organisasi yakni Perhumas Muda yang dikhususkan untuk para mahasiswa aktif jurusan public relations atau humas. Perhumas Muda memiliki program utama yakni program PRClub. Program PRClub merupakan program dimana para anggotanya dapat bertemu langsung dengan para profesi public relations dan melakukan diskusi bersama mengenai praktek public relations yang sesungguhnya di pekerjaan dan dipadukan dengan pembahasan teori-teori public relations yang dapat diimplementasikan langsung. Dengan adanya proses interaksi, relasi dan komunikasi  bersama secara langsung dengan profesi public relations akan menghasilkan persepsi mengenai profesi public relations pada anggota Perhumas Muda. Persepsi itu sendiri merupakan suatu proses pembuatan makna dari hal-hal yang kita alami dalam lingkungan. Persepsi juga merupakan proses memilih informasi, merespons informasi dengan pengalaman yang serupa lalu menarik kesimpulan (persepsi) tentang sifat dari pengalaman, kemudian menganalisis faktor penyebab dan konsekuensi yang mungkin terjadi di masa depan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik propotional sampling, di mana subjek penelitian ini adalah anggota Perhumas Muda dari lima kota yakni Malang, Semarang, Bandung, Bogor dan Jogyakarta dan yang terpilih menjadi sample berjumlah 78 orang. Data mengenai Persepsi mengenai profesi public relations pada anggota Perhumas Muda dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Proses pembentukan persepsi digunakan untuk menjawab persepsi secara utuh dan teori yang digunakan adalah teori yang relevan dengan proses pembentukan persepsi yakni Impict Personality Theory.Data yang diperoleh berupa data ordinal sehingga pengolahan data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 21.0 menunjukkan bahwa signifikansi = 0,004. Taraf signifikansi yang ditetapkan oleh peneliti adalah α = 0,05, karena α < signifikansi (Sig.) maka hasil pengujian hipotesis dapat diartikan 0,004 < 0,05 diartikan bahwa hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis kerja  diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan persepsi mengenai profesi public relations pada anggota Perhumas muda jurusan public relations dan non public relations.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6770/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 223-228
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 223-228
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Persepsi, Profesi Public Relations
dc.title Persepsi Mengenai Profesi Public Relations pada Anggota Perhumas Muda
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account