Universitas Islam Bandung Repository

Eco Fashion Sebagai Brand Batik Cantinghijau (Studi Kasus Kampanye PR Ramah Lingkungan)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Sumantri, Fadly
dc.creator kurniadi, Oji
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:38Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:38Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/12604
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23109
dc.description Abstract. Now, many manufacturers produce batik with print techniques that have a lot of impact for the environment. Eco fashion is a subject with another fashion concept, such as ethical fashion that maximizes benefits for other people and communities, while minimize the bad impact on the environment. Canting Hijau is the first in Indonesia’s product who produce batik by the principle of zero waste production, marketing, and distribution with value earth, art, fashion, culture. Canting Hijau has a vision to become the first eco fashion batik Indonesia that meets the local and international market with a mission put forward 4 value sustainability i.e. sustainable people, planet, profit and culture. The purpose of the research is to find out why Canting Hijau (1) choosing green campaign concept of eco fashion, (2) determining how to campaign the eco fashion, (3) how to persuade the public to use the products and support the eco fashion as well and (4) the feedback obtained. The method of this research is qualitative with case study approach. The research was also supported by the theory and model of Diffusion of innovation with the subject and object of research are Canting Hijau business owner and how the company persuade community in campaigning for the environment through fashion products. The results showed that a communication is certainly required to deliver the campaign product to get to the public effectively.Keywords: Eco fashion, Canting Hijau, Sustainable, Persuasion, Campaign. Abstrak. Seiring perkembangan zaman, banyak produsen batik yang memproduksi batik dengan teknik batik print yang berdampak pada lingkungan. Eco fashion adalah subjek yang luas dengan konsep fashion yang lain, seperti ethical fashion yang memaksimalkan manfaat bagi orang lain dan komunitas, sembari meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan. Canting hijau adalah eco fashion Batik pertama di Indonesia yang menghasilkan pakaian batik yang diproduksi dengan prinsip zero waste production, marketing, dan distribution dengan value art, earth, fashion, culture. Canting hijau memiliki visi untuk menjadi eco fashion batik pertama di Indonesia yang memenuhi pasar lokal dan internasional dengan misi mengedepankan 4 value sustainability yakni sustainable people, sustainable planet, sustainable profit, sustainable culture. Tujuan penelitian adalah mengetahui (1) mengapa Canting hijau memilih konsep kampanye eco fashion, (2) bagaimana cara menentukan cara mengkampanyekan eco fashion, (3) bagaimana mempersuasi publik untuk menggunakan produk dan mengkampanyekan eco fashion, serta  (4) feedback yang didapatkan  Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini juga didukung dengan teori dan model Difusi Inovasi dengan subjek dan objek penelitian adalah pemilik usaha batik canting hijau dan bagaimana perusahaan mempersuasi masyarakat dalam mengkampanyekan peduli lingkungan lewat produk fashion. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebuah komunikasi tentu diperlukan dalam penyampaian pesan kampanye produk untuk bisa sampai kepada publik dengan efektif.Kata Kunci : Eco fashion, Canting hijau, Sustainable , Kampanye.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/12604/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 747-753
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 747-753
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Eco fashion, Canting hijau, Sustainable , Kampanye
dc.title Eco Fashion Sebagai Brand Batik Cantinghijau (Studi Kasus Kampanye PR Ramah Lingkungan)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account