Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Komunikasi Antarpribadi Humas PT Dirgantara Indonesia (Persero) dengan Sikap Wartawan terhadap Perusahaan

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Aisah, Ai Siti
dc.creator Fahmi, M Husen
dc.date 2018-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:42Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:42Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/9416
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23130
dc.description Abstract. News coverage about a company in the mass media can be positive or negative. The management of the of mass media as an external public PT. Dirgantara Indonesia (Persero) become very important. The mass media management can be done through good communication relationship between a Public Relations with media relationnya. Interpersonal communication with journalists can be a good determinant of badly relations with one organization of mass media. The ability of interpersonal relationship is very good media relations support the company. Purpose of change the public attitude towards particular issues or build a lasting positive image begins with changing the view of the journalists of mass media against PT. Dirgantara Indonesia (Persero). Interpersonal communication that has been built by the company still gives rise to a difference in attitude of journalists against the company. The research was carried out using the method korelasional which aims to find out whether there is a relationship between variables (X) interpersonal communications conducted by public relations PT. Dirgantara Indonesia (Persero) with a bound variable (Y) the attitude of journalists against the company. Researchers using random sampling, the taking of sampelnya is taken from the sample framework is then performed using the calculation formula Slovin. The results of the calculation using the formula Slovin then there are results of the 41 samples of openness, empathy, supportiveness, possitiveness, equality and attitude (cognitive, affective, and konatif) of journalists. Then the respondents were given a questionnaire that contains a number of questions related to. Furthermore the data generated from a when tested using the Spearman rank correlation formula was elevated to measure any variables using ordinal scales. So the conclusion that is there is the relationship between interpersonal communication public relations PT. Dirgantara Indonesia (Persero) with the attitude of journalists against the company.Keywords: Interpersonal Communication, Public Relations, AttitudesAbstrak. Pemberitaan mengenai sebuah perusahaan di media massa bisa bersifat positif maupun negatif. Pengelolan media massa sebagai publik eksternal PT. Dirgantara Indonesia (Persero) menjadi sangat penting. Pengelolaan media massa tersebut dapat dilakukan melalui hubungan komunikasi yang baik diantara seorang Public Relations dengan media relation-nya. Komunikasi antarpribadi dengan wartawan bisa menjadi penentu baik buruknya hubungan perusahaan dengan media massa. Kemampuan menjalin hubungan antarpribadi tersebut sangat menunjang baiknya media relations perusahaan. Tujuan mengubah sikap publik terhadap isu tertentu atau membangun citra positif yang awet diawali dengan mengubah pandangan wartawan media massa terhadap PT. Dirgantara Indonesia (Persero). Komunikasi antarpribadi yang telah dibangun oleh perusahaan masih menimbulkan perbedaan sikap wartawan terhadap perusahaan. Masih kurangnya pemberitaan mengenai perusahaan di media massa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara variabel bebas (X) yaitu komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dengan variabel terikat (Y) sikap wartawan terhadap perusahaan. Peneliti menggunakan random sampling, yang pengambilan sampelnya diambil dari kerangka sampel kemudian dilakukan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin maka terdapat hasil 41 sampel dari wartawan media cetak, media online dan media elektronik. Kemudian responden diberi kuesioner yang berisi sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung (supportivenessi), rasa positif (positiveness), dan kesetaraan (equality) dan sikap wartawan yaitu kognitif, afektif, konatif terhadap perusahaan. Selanjutnya data yang dihasilkan dari angket diuji dengan menggunakan rumus korelasi Rank Spearman, sebab alat ukur masing-masing variabel menggunakan skla ordinal. Sehingga diperoleh kesimpulan yaitu terdapat hubungan antara komunikasi antarpribadi Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dengan sikap wartawan terhadap perusahaan.Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Public Relations, Sikap
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/9416/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2018); 88-95
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2018); 88-95
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Interpersonal Communication, Public Relations, Attitudes
dc.title Hubungan antara Komunikasi Antarpribadi Humas PT Dirgantara Indonesia (Persero) dengan Sikap Wartawan terhadap Perusahaan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account