Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Pengelolaan Informasi Publik pada Website ppid.bandung.go.id

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Puspita Sari, Fitri Mardiana
dc.creator Ahmadi, Dadi
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:49Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:49Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7054
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23170
dc.description Kota Bandung merupakan salah satu Kota yang dalam masa pembangunan menuju smart city. Smart city juga harus didukung dengan teknologi yang dimiliki oleh Kota tersebut. Pelayanan-pelayanan yang diberikan pada masyarakat terus mengalami perubahan dan perbaikan di segala sektor. Tidak terkecuali dengan pelayanan informasi publik, yaitu dengan adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang mengacu pada Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan informasi publik pada website ppid.bandung.go.id yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika pemerintah Kota Bandung. Untuk mengetahui perencanaan informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bandung dalam mengelola website PPID. Untuk mengetahui proses informasi dalam mengelola website PPID. Untuk mengetahui monitoring dan evaluasi dalam mengelola website PPID. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi non partisipan, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan dalam mengelola website ppid.bandung.go.id adalah dengan melakukan pengelolaan mulai dari  perencanaan hingga evaluasi dilakukan dengan baik. Selain menggunakan website sebagai sarana pengelolaan informasinya Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bandung juga menggunakan media sosial, media cetak dan media tatap muka. Dengan melakukan pelayanan informasi yang baik dan mementingkan transparansi informasi agar masyarakat merubah persepsi negatif mengenai kinerja pemerintahan.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7054/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 389-394
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 389-394
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Bandung, Strategi, PPID
dc.title Strategi Pengelolaan Informasi Publik pada Website ppid.bandung.go.id
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Metode Kualitatif, Pendekatan Studi Kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account