Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Marketing PR PT PLN (Persero) Area Cimahi dengan Kepuasan Pelanggan di Kota Cimahi

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Rahmani, Syifa Aulia
dc.creator Trigartanti, Wulan
dc.date 2018-08-08
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:49Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:49Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/11629
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23176
dc.description Abstract. Human needs will receive electrical energy as an absolute and fundamental thing. Many activities cannot run optimally without electricity. PT PLN (Persero) is a State-Owned Enterprise (BUMN) engaged in electrical services. One of the tasks of the face is to provide services for the entire Indonesian nation. PT PLN (Persero) is the sole specialist in the electricity business, with the Government of the Republic of Indonesia as the largest shareholder. One of the services provided by PT PLN (Persero) Cimahi Area is a new electrical plug service. New Plug Electricity is the process of installing new connections to customers' homes or other buildings such as schools, religious facilities, companies, hotels, and others that issue electrical energy. Not understanding what happened at the end of 2017, namely the number of new customers in Cimahi City, making PT PLN (Persero) Area Cimahi aggressively conduct PR marketing activities to the people of Cimahi City. PT PLN (Persero) Cimahi Area is an implementing unit whose organizational structure is based on PT PLN (Persero) Distribution of West Java. The purpose of this activity is to evaluate and do not or not have a relationship between PR Marketing PT PLN (Persero) Cimahi Area with new customer satisfaction in Citeureup District, Cimahi City. Theory which is 6 (six) Mega Marketing according to Kotler, namely Product, Price, Place, Promotion, Power, and Public Relations. So, the results obtained from this process can indicate a relationship between Marketing PR PT PLN (Persero) Area Cimahi with customer satisfaction in Cimahi City with a degree of obsolescence of moderate relations and a positive direction.Keywords: Public Relations Marketing, Customer Satisfaction, PT PLN (Persero).Abstrak. Kebutuhan manusia akan adanya energi listrik merupakan hal yang mutlak dan mendasar. Banyak kegiatan manusia yang tidak dapat berjalan secara optimal tanpa adanya listrik. PT PLN (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa kelistrikan. Salah satu tugas utamanya adalah menyediakan jasa kelistrikan untuk kebutuhan seluruh bangsa Indonesia. PT PLN (Persero) adalah pelaku tunggal dalam usaha kelistrikan, dengan Pemerintah Republik Indonesia sebagai pemegang saham terbesar. Salah satu jasa yang diberikan oleh PT PLN (Persero) Area Cimahi yaitu layanan pasang baru listrik. Pasang Baru Listrik adalah suatu proses pemasangan sambungan listrik baru ke rumah pelanggan atau bangunan lainnya seperti sekolah, sarana ibadah, perusahaan, hotel, dan lain-lain yang memerlukan energi listrik. Melihat permasalahan yang terjadi pada akhir tahun 2017, yakni belum tercapainya jumlah pelanggan pasang baru listrik di Kota Cimahi, sehingga membuat PT PLN (Persero) Area Cimahi gencar melakukan kegiatan Marketing PR kepada masyarakat Kota Cimahi mengenai layanan pasang baru listrik tersebut. PT PLN (Persero) Area Cimahi merupakan unit pelaksana yang struktur organisasinya menginduk kepada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menguji dan menganalisis ada atau tidaknya hubungan antara Marketing PR PT PLN (Persero) Area Cimahi dengan kepuasan pelanggan pasang baru listrik di Kecamatan Citeureup Kota Cimahi. Teori yang digunakan yakni 6 (enam) unsur Mega Marketing menurut Kotler, yakni Product, Price, Place, Promotion, Power, dan Public Relations. Maka, hasil yang diperoleh melalui penulisan ini dapat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Marketing PR PT PLN (Persero) Area Cimahi dengan kepuasan pelanggan di Kota Cimahi dengan tingkat keeratan hubungannya adalah sedang dan arah hubungan yang positif.Kata kunci : Marketing Public Relations, Kepuasan Pelanggan, PT PLN (Persero). 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/11629/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/downloadSuppFile/11629/2413
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 479-487
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 479-487
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Marketing Public Relations, Kepuasan Pelanggan, PT PLN (Persero)
dc.title Hubungan antara Marketing PR PT PLN (Persero) Area Cimahi dengan Kepuasan Pelanggan di Kota Cimahi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account