dc.contributor.author |
Pratiwi, Alti Sella |
|
dc.date.accessioned |
2015-08-07T03:43:04Z |
|
dc.date.available |
2015-08-07T03:43:04Z |
|
dc.date.issued |
2015 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/231 |
|
dc.description.abstract |
Alti Sella Pratiwi.10050011156. Hubungan Antara Persepsi Dukungan Wali Kelas Dengan
Self Efficacy Siswa (Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI Multimedia I SMK TI-
Garuda Nusantara Kota Cimahi).
SMK TI-Garuda Nusantara Kota Cimahi adalah sekolah yang memiliki tujuan menghasilkan
siswa-siswa yang bermutu dan berwawasan internasional sejalan dengan tuntutan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Dalam usaha mencapai tujuan tersebut sekolah menerapkan metode
presentasi khususnya pada mata pelajaran matematika. Dalam pelajaran matematika, siswa
dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Disamping hal tersebut siswa juga merasa cemas ketika
mengikuti pembelajaran matematika di kelas. Oleh sebab itu, siswa tidak dapat menjalankannya
sendiri, siswa tersebut membutuhkan dorongan, perhatian, penghargaan dan pemberian nasehat
serta saran dari Significant Others. Dalam menghadapi permasalahannya tersebut, siswa
sebenarnya sudah mendapatkan dukungan dari wali kelas sebagai significant other yang ada di
sekolah yang dapat berupa perhatian, penghargaan, pemberian saran nasehat, namun masih
terdapat siswa yang merasa ragu akan kemampuannya, merasa takut salah akan tugas yang
dikerjakannya, siswa juga cepat puas atas nilai yang diraihnya padahal nilai tersebut masih
dibawah KKM dan juga siswa merasa tidak mampu akan pelajaran matematika.Sementara siswa
lain memaknakan bahwa dukungan yang diberikan wali kelas sangat membantu siswa dalam
menghadapi tuntutan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
memperoleh data empirik mengenai gambaran pemaknaan dukungan sosial wali kelas, self
efficacy siswa dan seberapa erat hubungan antara dukungan sosial wali kelas dengan self
efficacy siswa pada mata pelajaran matematika di kelas XI Multimedia SMK TI Garuda
Nusantara kota Cimahi. Metode penelitain yang digunakan yaitu metode korelasional. Penelitian
ini menggunakan teknik studi populasi dimana subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI Multimedia I SMK TI-Garuda Nusantara Kota Cimahi yang berjumlah 40 orang. Data
mengenai dukungan wali kelas dan self efficacy dalam penelitian ini menggunakan kuesioner
yang disusun berdasarkan teori dukungan sosial dari Sarafino dan Self Efficacy dari Bandura.
Data yang diperoleh berupa data ordinal sehingga pengolahan data menggunakan uji korelasi
Rank Spearman. Hasil diperoleh koefisien korelasi sebesar rs = 0,860, dapat dinyatakan bahwa
terdapat hubungan antara dukungan wali kelas dengan self efficacy pada mata pelajaran
matematika di kelas XI Multimedia I SMK TI-Garuda Nusantara Kota Cimahi. Artinya semakin
negatif pemaknaan siswa akan dukungan wali kelas maka semakin rendah self efficacy siswa
pada mata pelajaran matematika ataupun sebaliknya. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Endang Supraptiningsih, Dra., M.Si. |
en_US |
dc.publisher |
Falkultas Psikologi Universitas Islam Bandung (UNISBA) |
en_US |
dc.subject |
Dukungan Sosial, Persepsi, Self Efficacy |
en_US |
dc.title |
Hubungan Antara Persepsi Dukungan Wali Kelas Dengan Self Efficacy Siswa (Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas XI Multimedia I SMKTI-Garuda Nusantara Kota Cimahi) |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |