dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Pratama, Galih |
|
dc.creator |
Hirzi, Aziz Taufik |
|
dc.date |
2017-08-09 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-12T03:00:27Z |
|
dc.date.available |
2019-09-12T03:00:27Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/7392 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/23212 |
|
dc.description |
This research is motivated by the problems of racism among people, namely in terms of ethnicity, culture, and also different physical forms such differences often result in a person getting intimidation in the form of verbal violence and non verbal violence. "Ngenest" movie, is one of the true story films that illustrates the rare phenomenon of Indonesian society's racism against the race-ridden minority of China.This study aims to find out how the signs used to represent racism in the film "Ngenest", signs that show symptoms of racism that is verbal and non verbal violence.This research includes descriptive qualitative study with semiotic analysis approach with Roland Barthes theory. The data in this study is obtained through the selection of scenes in "Ngenest" movie which contain elements of racism. And look for data from various articles, books, internet, etc. The analysis is done through two stages, namely the first level of significance, the denotation meaning contained in the scenes and followed by the second level of significance that describes the meaning of the connotation in this stage occurs the myth.The conclusion of this research is that racism occurs from prejudice, and negative stereotypes against minorities that lead to physical violence, humiliation, etc. In "Ngenest" movie a lot of scenes or scenes that lead to Intimidation that has the values of racism described by the behavior of intimidation. Racism that occurs in "Ngenest" movie is simple and very close to our daily lives but can cause consequences. |
|
dc.description |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rasisme antar manusia yaitu dari segi suku, budaya, dan juga bentuk fisik yang berbeda perberbedaan tersebut sering mengakibatkan seseorang mendapatkan intimidasi berupa kekerasan verbal maupun kekerasan non verbal. Film “Ngenest”, merupakan salah satu film kisah nyata yang menggambarkan tentang sedikit fenomena rasisme masyarakat Indonesia terhadap masyarakat minoritas yang berketurunan ras China. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanda – tanda yang digunakan untuk merepresentasikan rasisme dalam film “Ngenest”, tanda-tanda yang menunjukan gejala rasisme yang bersifat kekerasan verbal maupun non verbal. Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika dengan teori Roland Barthes. Data dalam penelitian ini didapat melalui pemilihan scene-scene pada film “Ngenest” yang terdapat unsur rasisme. Serta mencari data dari berbagai tulisan artikel, buku, internet, dll. Analisis dilakukan melalui dua tahap, yaitu signifikasi tingkat pertama, yaitu makna denotasi yang terkandung dalam scene-scene tersebut dan dilanjutkan dengan signifikasi tingkat kedua yang menguraikan makna konotasinya dalam tahap inilah terjadi mitos. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rasisme terjadi dari adanya prasangka, dan stereotaip yang negatif terhadap kaum minoritas yang menimbulkan terjadinya kekerasan fisik, penghinaan, dll. Dalam film “Ngenest” banyak sekali adegan atau scene yang mengarah ke Intimidasi yang memiliki nilai-nilai rasisme yang digambarkan melalui perilaku intimidasi. Rasisme yang terjadi didalam film “Ngenest” ini sifatnya sederhana dan sangat dekat sekali dengan kehidupan kita sehari – hari tetapi dapat menimbulkan akibat yang sangat fatal. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Prosiding Jurnalistik |
|
dc.publisher |
Prosiding Jurnalistik |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/7392/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2017 Prosiding Jurnalistik |
|
dc.source |
Prosiding Jurnalistik; Vol 3, No 2, Prosiding Jurnalistik (Agustus, 2017); 198-203 |
|
dc.source |
Prosiding Jurnalistik; Vol 3, No 2, Prosiding Jurnalistik (Agustus, 2017); 198-203 |
|
dc.source |
2460-6529 |
|
dc.subject |
Journalisme |
|
dc.subject |
Racism, Ngenest Movie , Ernest Prakasa, Semiotics |
|
dc.subject |
Ilmu Jurnalistik |
|
dc.subject |
Rasisme, Film Ngenest, Ernest Prakasa, Semiotika |
|
dc.title |
RASISME DALAM FILM “NGENEST” (Studi Kualitatif Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film “NGENEST” Karya Ernest Prakasa) |
|
dc.title |
Rasisme Dalam Film "Ngenest" (Studi Kualitatif Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film “NGENEST” Karya Ernest Prakasa) |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Qualitative |
|
dc.type |
Kualitatif |
|