dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Husen, Aswin |
|
dc.creator |
Hirzi, Aziz Taufik |
|
dc.date |
2015-06-02 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-12T03:00:27Z |
|
dc.date.available |
2019-09-12T03:00:27Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/344 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/23213 |
|
dc.description |
Media massa memiliki posisi penting dalam pemilihan presiden 2014 selama kampanye. masyarakat mendapatkan seluruh informasi tentang calon presiden dari media. Informasi dan publikasi pada media melaporkan tentang kualitas dan rekam jejak dari calon presiden menjadi faktor penentu yang dapat berubah dan membentuk opini dan menjadi informasi utama bagi pemilih untuk memilih presiden mereka. Masalah utama dari penelitian ini adalah tentang objektivitas berita selama pilpres kampanye 2014 di surat kabar harian Kompas dan Republika. Menurut Westerstahl (1983), kita dapat mengukur objektivitas berita dari faktualitas, nilai informasi, akurasi, kelengkapan dan relevansi. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa surat kabar harian Kompas dan Republika tidak menerapkan semua aspek objektivitas dengan benar, terutama untuk aspek faktualitas. Di sisi lain, mereka telah menerapkan objektivitas pada aspek nilai informasi, akurasi, kelengkapan dan relevansi dalam melaporkan berita presiden Pemilu 2014 selama kampanye. Jadi kedua surat kabar harian Kompas dan Republika belum memenuhi semua unsru objektivitas dengan baik. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Prosiding Jurnalistik |
|
dc.publisher |
Prosiding Jurnalistik |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/344/pdf |
|
dc.source |
Prosiding Jurnalistik; Vol 1, No 1, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2015); 74-82 |
|
dc.source |
Prosiding Jurnalistik; Vol 1, No 1, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2015); 74-82 |
|
dc.source |
2460-6529 |
|
dc.subject |
Ilmu Komunikasi, Jurnalistik |
|
dc.subject |
Objektivitas, Kampanye Pemilihan Umum Presiden 2014, Harian Umum |
|
dc.title |
ANALISIS BERITA KAMPANYE PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2014 |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kuantitatif, Analisis isi |
|