Universitas Islam Bandung Repository

OBJEKTIVITAS BERITA PEMILU PRESIDEN RI 2014 (Analisis Isi Atas Objektivitas Berita Pemilu Presiden RI 2014 dalam Berita Online Tempo.co dengan Detik.com)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Hanifa, Siti
dc.creator Umar, Tia Muthiah
dc.date 2014-10-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T03:00:36Z
dc.date.available 2019-09-12T03:00:36Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/118
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23347
dc.description ABSTRACT The objectivity of news regarding  presidential election is very important, moreover news about Indonesia Presidential Election of 2014. This research focused on online media, which must obey similar standard of objetctivity like print or traditional media. Media called this political event as "Democracy Party". Mass media used as the object of this research is  Online Media: Tempo.co and Detik.com. Standard of objectivity has a very broad value, and often used for solving problems which involving unfair treatment. The theory used to analyze the objectivity is Westerstahl’s theory consisted of four cathegories (Truth, Relevance, Balance, and Neutrality). 10 samples were analyzed from two media (Tempo.co and Detik.com). The result shows that news regarding Indonesia’s Presidential Election of 2014 in online media, Detik.com and Tempo.co, meet all the elements of the objectivity of news according to Westerstahl’s theory. Keyword(s): Objectivity, Presidential Election News 2014, Content Analysis. ABSTRAK   Objektivitas mengenai berita Pemilu Presiden sangatlah penting. Ditambah bahwa berita mengenai Pemilu Presiden RI banyak menarik minat masyarakat. Media menyebutnya sebagai “Pesta Demokrasi”. Media massa yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Media Online. Standar objektivitas memiliki nilai yang sangat luas, sering kali digunakan untuk penyelesaian yang menyangkut perlakuan yang tidak adil. Untuk menganalisis digunakan teori Objektivitas menurut Westerstahl yang meliputi empat kategori (Kebenaran, Relevansi, Berimbang, dan Netralitas) dengan jumlah sampel 10 yang dikaji melalui dua media (Tempo.co dan Detik.com). Hasil kajian menunjukkan bahwa berita mengenai Pemilu Presiden RI 2014 dalam media online Tempo.co dan Detik.com memenuhi semua unsur objektivitas berita menurut Westerstahl, yaitu aspek kebenaran, relevansi, berimbang dan netralitas. Kata Kunci: Objektivitas, Berita Pemilu Presiden RI 2014, Analisis Isi.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/118/26
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 1, No 2, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2014)
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 1, No 2, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2014)
dc.source 2460-6529
dc.title OBJEKTIVITAS BERITA PEMILU PRESIDEN RI 2014 (Analisis Isi Atas Objektivitas Berita Pemilu Presiden RI 2014 dalam Berita Online Tempo.co dengan Detik.com)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Jurnalistik [280]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi konsentrasi Jurnalistik

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account