dc.contributor |
Fakultas Ilmu Komunikasi |
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Rahman, Dimas Anaditya Fathir |
|
dc.creator |
Ratnasari, Anne |
|
dc.date |
2018-01-26 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-12T05:42:35Z |
|
dc.date.available |
2019-09-12T05:42:35Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9591 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/23924 |
|
dc.description |
Abstract. Partnership Program is a program that requires BUMN to provide business loans and coaching to Small and Medium Enterprises (SME). PT. Len Industri (Persero) is one of the BUMN that manage and coordinate the Partnership Program activities and that manage and coordinate these activities is the Division of Corporate Communications.Division of Corporate Communications is required to perform various aspects of persuasion, because the success of persuasion communication activities is largely determined by the success of the persuasion communication itself. Communication persuasion conducted by the Division of Corporate Communications focused on persuasion messages, persuasion communication techniques, communication media, and inhibiting factors and efforts to overcome them. The research method used is qualitative research method in the form of descriptive is to make description, picture or painting systematically, factual and accurate about facts, traits and relationship between phenomena investigated.. Research subjects as informants, which informant is a person who used to provide information about the situation and condition of research background that is Mr. Yudha Ryantono as staff Division of Corporate Communications part Partnership Program. The final result of this research shows that there is motivation in the form of reward, payment cut, exhibition included, free promotion media. The existence of social status formed from social media. The use of good grammar and polite, well-dressed, and well behaved. The existence of communications, communication media, and efforts made by the Division Corporate Communications on Partnership Program PT Len Industri (Persero) in Bandung.Keywords: Persuasion Communication, Message, Communication Technique, Media, Partnership ProgramAbstrak. Program Kemitraan adalah suatu program yang mewajibkan BUMN untuk memberikan pinjaman usaha dan pembinaan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). PT. Len Industri (Persero) merupakan salah satu BUMN yang mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan Program Kemitraan dan yang mengelola dan mengkoordinasi kegiatan tersebut adalah Divisi Komunikasi Korporasi. Divisi Komunikasi Korporasi dituntut untuk melakukan beragam aspek persuasi, karena keberhasilan kegiatan komunikasi persuasi banyak ditentukan oleh keberhasilan dari komunikasi persuasi itu sendiri. Komunikasi persuasi yang dilakukan Divisi Komunikasi Korporasi difokuskan pada pesan persuasi, teknik komunikasi persuasi, media komunikasi, dan faktor penghambat serta upaya dalam mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Subjek penelitian sebagai informan, yang mana informan tersebut adalah orang yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian yaitu Bapak Yudha Ryantono selaku staf Divisi Komunikasi Korporasi bagian Program Kemitraan. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya motivasi berupa reward, potongan pembayaran, diikutsertakan pameran, media promosi gratis. Adanya status sosial yang dibentuk dari media sosial. Adanya penggunaan tata bahasa yang baik dan sopan, berpakaian yang rapi, serta berperilaku santun. Adanya komunikasi, media komunikasi, dan upaya yang dilakukan oleh Divisi Komunikasi Korporasi pada Program Kemitraan PT Len Industri (Persero) di Kota Bandung.Kata Kunci: Komunikasi Persuasi, Pesan, Teknik Komunikasi, Media, Program Kemitraan |
|
dc.description |
Program Kemitraan adalah suatu program yang mewajibkan BUMN untuk memberikan pinjaman usaha dan pembinaan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). PT. Len Industri (Persero) merupakan salah satu BUMN yang mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan Program Kemitraan dan yang mengelola dan mengkoordinasi kegiatan tersebut adalah Divisi Komunikasi Korporasi. Divisi Komunikasi Korporasi dituntut untuk melakukan beragam aspek persuasi, karena keberhasilan kegiatan komunikasi persuasi banyak ditentukan oleh keberhasilan dari komunikasi persuasi itu sendiri. Komunikasi persuasi yang dilakukan Divisi Komunikasi Korporasi difokuskan pada pesan persuasi, teknik komunikasi persuasi, media komunikasi, dan faktor penghambat serta upaya dalam mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Subjek penelitian sebagai informan, yang mana informan tersebut adalah orang yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian yaitu Bapak Yudha Ryantono selaku staf Divisi Komunikasi Korporasi bagian Program Kemitraan. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya motivasi berupa reward, potongan pembayaran, diikutsertakan pameran, media promosi gratis. Adanya status sosial yang dibentuk dari media sosial. Adanya penggunaan tata bahasa yang baik dan sopan, berpakaian yang rapi, serta berperilaku santun. Adanya komunikasi, media komunikasi, dan upaya yang dilakukan oleh Divisi Komunikasi Korporasi pada Program Kemitraan PT Len Industri (Persero) di Kota Bandung.Kata Kunci: Komunikasi Persuasi, Pesan, Teknik Komunikasi, Media, Program Kemitraan Partnership Program is a program that requires BUMN to provide business loans and coaching to Small and Medium Enterprises (SME). PT. Len Industri (Persero) is one of the BUMN that manage and coordinate the Partnership Program activities and that manage and coordinate these activities is the Division of Corporate Communications.Division of Corporate Communications is required to perform various aspects of persuasion, because the success of persuasion communication activities is largely determined by the success of the persuasion communication itself. Communication persuasion conducted by the Division of Corporate Communications focused on persuasion messages, persuasion communication techniques, communication media, and inhibiting factors and efforts to overcome them. The research method used is qualitative research method in the form of descriptive is to make description, picture or painting systematically, factual and accurate about facts, traits and relationship between phenomena investigated.. Research subjects as informants, which informant is a person who used to provide information about the situation and condition of research background that is Mr. Yudha Ryantono as staff Division of Corporate Communications part Partnership Program. The final result of this research shows that there is motivation in the form of reward, payment cut, exhibition included, free promotion media. The existence of social status formed from social media. The use of good grammar and polite, well-dressed, and well behaved. The existence of communications, communication media, and efforts made by the Division Corporate Communications on Partnership Program PT Len Industri (Persero) in Bandung. Keywords: Persuasion Communication, Message, Communication Technique, Media, Partnership Program |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
eng |
|
dc.publisher |
Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.publisher |
Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9591/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 106-113 |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 106-113 |
|
dc.source |
2460-6537 |
|
dc.subject |
Manajemen Komunikasi |
|
dc.subject |
Komunikasi Persuasi, Pesan, Teknik Komunikasi, Media, Program Kemitraan |
|
dc.subject |
|
|
dc.subject |
Komunikasi Persuasi, Pesan, Teknik Komunikasi, Media, Program Kemitraan |
|
dc.title |
Komuikasi Persuasi pada Program Kemitraan PT Len Industri (Persero) |
|
dc.title |
Komunikasi Persuasi pada Program Kemitraan PT Len Industri (Persero) |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kualitatif |
|
dc.type |
|
|