Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Tayangan Youtube Yufid.TV dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Netizen Tentang Islam

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Prabowo, Dody Rizki
dc.creator Hasbiansyah, O.
dc.date 2019-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/17114
dc.description Abstract. The development of technology is something that cannot be avoided in this world, it will continue to grow and produce new platforms from various media. Moreover, social media has become the platforms of the distribution of the information. Youtube is the one of the most popular media by now. Yufid.TV is one of channel youtube that give information about content islam. The purpose of this study is to analyze the relation of Youtube Yufid.TV as media which consist of media exposure with the fulfillment of islam knowledge. This research used quantutative research method  with correlasional approach that uses and gratification theory. This theory explains that audiences have the power to decide which media will be chosen or used to satisfy their needs. The need that being said is the need for information. Audience have an active role in interpreting and integrating media into their lives. Based on the results of the research it is known that there is a relationship between the media exposure of impressions youtube Yufid.TV fulfillment network with netizen information.Keywords: Youtube, Needs of information, Uses and Gratification theory, IslamAbstrak. Perkembangan new media adalah suatu hal yang tidak dapat dielakan, hal ini terus berkembang dan menghasilkan platform-platform baru untuk berbagai hal. Kemudian, media sosial sudah menjadi alat untuk penyebaran informasi. Youtube adalah salah satu platfrom media yang paling populer saat ini. Yufid.TV merupakan salah satu channel youtube yang berisikan konten seputar pengetahuan islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara tayangan youtube Yufid.TV dengan pemenuhan kebutuhan informasi netizen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan korelasional yang menggunakan teori Uses and Gratification (Teori Penggunaan dan Kepuasan). Teori ini menjelaskan bahwa khalayak memiliki kekuasan untuk memutuskan media mana yang akan dipilih atau digunakan untuk memenuhi kebutuhannya kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan informasi. Khalayak memiliki peran aktif dalam melakukan interprestasi dan mengintegrasikan media ke dalam kehidupannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara terpaan media tayangan youtube Yufid.TV dengan pemenuhan kebutuhan inforamasi netizen.Kata Kunci: Youtube, Pemenuhan Kebutuhan informasi, Teori Uses and Gratification, Islam
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/17114/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 481-486
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 481-486
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Youtube, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Teori Uses and Gratification, Islam
dc.title Hubungan Tayangan Youtube Yufid.TV dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Netizen Tentang Islam
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account