Universitas Islam Bandung Repository

Persepsi Khalayak Mengenai Tayangan Youtube Jurnalrisa #31 Jangan Kambing Hitamkan Mang Emen

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Sitar, Vanya
dc.creator Karsa, Satya Indra
dc.date 2019-08-01
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16656
dc.description Abstract. Emen Climb is one of the climbs in Subang, West Java which has many myths in the community. Jurnalrisa is one of the channels located on Youtube managed by Risa Saraswati. In one of his episodes, Risa raises the theme of the emotional incline and discusses the circulating myths which turned out to be untrue. The purpose of this study was to find out the perceptions of audiences about Youtube Jurnallrisa # 31 "Jangan Kambing Hitamkan mang Emen". The method used in this study is descriptive method with a quantitative approach, variables taken from perceptions are audience attention, experience, interpretation and knowledge. The population of this research is Instagram followers @tim_jurnalrisa which amounted to 417,000 and obtained samples from the Taro Yamane formula quoted by Ridwan as many as 100 people. The results of this study are perceptions of Instagram followers @tim_jurnalrisa regarding journalistic impressions # 31 "Jangan Kambing Hitamkan Mang Emen" has a lot of information about the actual facts that occur on the emen incline and refute the myths circulating in the community.Keywords: Youtube, Jurnalrisa,Tanjakan EmenAbstrak. Tanjakan Emen merupakan salah satu tanjakan yang ada di Subang, Jawa Barat yang memiliki banyak mitos di masyarakat. Jurnalrisa adalah salah satu kanal yang berada di Youtube yang dikelola oleh Risa Saraswati. Pada salah satu episodenya Risa mengangkat tema mengenai Tanjakan emen dan membahas mitos yang beredar ternyata tidak benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi khalayak mengenai tayangan Youtube Jurnalrisa #31 “Jangan Kambing Hitamkan Mang Emen”. Metode yang idlakukan pada penelitian ini adalah metode deskripstif dengan pendekatan kuantitatif, variabel yang diambil dari persepsi adalah Perhatian, Pengalaman, Penafsiran dan Pengetahuan Khalayak. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram @tim_jurnalrisa yang berjumlah 417.000 dan didapat sampel dari rumus Taro Yamane yang dikutip dari Ridwan sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini persepsi followers Instagram @tim_jurnalrisa mengenai tayangan jurnalrisa #31 “Jangan Kambing hitamkan Mang Emen” mempunyai banyak informasi mengenai fakta yang sebenarnya terjadi di tanjakan emen dan membantah mitos yang beredar di masyarakat.Kata Kunci: Youtube, Jurnalrsa, Tanjakan Emen
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16656/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 331-339
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 331-339
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Youtube, Jurnalrisa, Tanjakan Emen
dc.title Persepsi Khalayak Mengenai Tayangan Youtube Jurnalrisa #31 Jangan Kambing Hitamkan Mang Emen
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account