Universitas Islam Bandung Repository

Instagram sebagai Media Komunikasi Komunitas Meowholic kepada Followers pada Account Official Instagram @Meowholicid sebagai Wadah Online Para Pecinta Kucing

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Wulandari, Widi
dc.creator Triwardhani, Ike Junita
dc.date 2018-01-28
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:48Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:48Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/10220
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24101
dc.description Abstarct. In social media instagram, users can share photos or videos with other users because it offers attractive features and has a lot of users, so that instagram as a social media to make a means of interaction or communication media indirectly from the uploader and who saw it. It is utilized by the Meowholic community, by managing the official account instagram @Meowholicid created as an online container for cat lovers. Therefore, the authors conducted this study aims to: (1) know the background of instagram selection as a communication medium for cat lovers, (2) knowing the communication process performed by the account manager to followers in managing the official account instagram @Meowholicid as online containers of the cat lovers, and (3) knowing the benefits felt by the Meowholic community on the use of official account instagram @Meowholicid as a communication medium. In this research refers to case study method with qualitative approach. Data collection was done by in-depth interview, observation and documentation on official account instagram @Meowholicid. The results of this study can be concluded that the use of official account instagram @Meowholicid provide benefits in growing a close relationship between the account manager, and the Meowholic community with its followers. By utilizing the features in social media instagram, can create content in the form of means that refers to the vision and mission of the Meowholic community. This indicates instagram has great power and wealth as a communication medium.Keywords: Instagram, Social Media, Community. Abstrak. Melalui media sosial instagram, pengguna dapat berbagi foto atau video dengan pengguna lain karena menawarkan fitur-fitur menarik serta memiliki pengguna yang banyak, sehingga instagram sebagai media sosial menjadikan sarana interaksi atau media komunikasi secara tidak langsung dari pengunggah dan yang melihatnya. Hal tersebut dimanfaatkan oleh komunitas Meowholic, dengan mengelola account official instagram @Meowholicid yang diciptakan sebagai wadah online para pecinta kucing. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui latar belakang pemilihan instagram sebagai media komunikasi bagi para pecinta kucing, (2) mengetahui proses komunikasi yang dilakukan pengelola account kepada followers dalam mengelola account official instagram @Meowholicid sebagai wadah online para pecinta kucing, dan (3) mengetahui manfaat yang dirasakan oleh komunitas Meowholic pada penggunaan account official instagram @Meowholicid sebagai media komunikasi. Dalam penelitian ini mengacu pada metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi pada account official instagram @Meowholicid. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan account official instagram @Meowholicid memberikan manfaat dalam menumbuhkan hubungan yang akrab antara pengelola account, serta komunitas Meowholic dengan followers-nya. Dengan memanfaatkan fitur-fitur di media sosial instagram,  dapat menciptakan konten berupa sarana-sarana yang mengacu pada visi-misi komunitas Meowholic. Hal ini mengindikasikan instagram memiliki kekuatan dan kekayaan besar sebagai media komunikasi.Kata Kunci: Instagram, Media Sosial, Komunitas.
dc.description Melalui media sosial instagram, pengguna dapat berbagi foto atau video dengan pengguna lain karena menawarkan fitur-fitur menarik serta memiliki pengguna yang banyak, sehingga instagram sebagai media sosial menjadikan sarana interaksi atau media komunikasi secara tidak langsung dari pengunggah dan yang melihatnya. Hal tersebut dimanfaatkan oleh komunitas Meowholic, dengan mengelola account official instagram @Meowholicid yang diciptakan sebagai wadah online para pecinta kucing. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui latar belakang pemilihan instagram sebagai media komunikasi bagi para pecinta kucing, (2) mengetahui proses komunikasi yang dilakukan pengelola account kepada followers dalam mengelola account official instagram @Meowholicid sebagai wadah online para pecinta kucing, dan (3) mengetahui manfaat yang dirasakan oleh komunitas Meowholic pada penggunaan account official instagram @Meowholicid sebagai media komunikasi. Dalam penelitian ini mengacu pada metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi pada account official instagram @Meowholicid. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan account official instagram @Meowholicid memberikan manfaat dalam menumbuhkan hubungan yang akrab antara pengelola account, serta komunitas Meowholic dengan followers-nya. Dengan memanfaatkan fitur-fitur di media sosial instagram,  dapat menciptakan konten berupa sarana-sarana yang mengacu pada visi-misi komunitas Meowholic. Hal ini mengindikasikan instagram memiliki kekuatan dan kekayaan besar sebagai media komunikasi.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/10220/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 311-316
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 311-316
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Instagram, Media Sosial, Komunitas.
dc.subject Fakultas Ilmu Komunikasi-Manajemen Komunikasi
dc.subject Instagram, Media Sosial, Komunitas
dc.title Instagram sebagai Media Komunikasi Komunitas Meowholic kepada Followers pada Account Official Instagram @Meowholicid sebagai Wadah Online Para Pecinta Kucing
dc.title Instagram sebagai Media Komunikasi Komunitas Meowholic kepada Followers pada Account Official Instagram @Meowholicid sebagai Wadah Online Para Pecinta Kucing
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Studi Kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account