Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Fitur Gold Merchant dengan Minat Beli di Tokopedia

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Hafiza, Esa Dicky
dc.creator Rochim, Moch
dc.date 2018-08-07
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:49Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:49Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11708
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24119
dc.description Abstract. As an impact of the rapid technology development, trigger the emergence of various online shopping platforms, including Tokopedia. The presence of premium features on their service, providing revenue for the company on sustaining their business model. It is called Gold Merchant, a premium feature which claimed by the company to increase the gross merchandise volume of online store owners. The main aim of this research is to determine the correlation between Gold Merchant features with consumer buying interest. This research was classified as a quantitative correlation research, by spreading questionnaire to the respondents who have been selected. The sample of this research amounted to 120 respondents of Psychology students of Islamic University of Bandung, and rank spearman correlation analysis was used to test the hypothesis. This research indicate that the Gold Badge, TopAds, and Cashback feature have a significant correlation with buying interest. All variables are correlated, so it can be concluded that there is a correlation between Gold Merchant features with consumer buying interest on Tokopedia.Keywords: Marketplace, Features, Buy Interest Abstrak. Dampak perkembangan teknologi yang begitu rapid, memicu kemunculan berbagai platform belanja online, Tokopedia salah satu diantaranya. Kehadiran fitur premium dalam layanan mereka, memberikan pemasukan bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Adalah Gold Merchant, fitur premium yang di klaim oleh perusahaan dapat meningkatkan nilai penjualan para pemilik toko online.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fitur Gold Merchant dengan minat beli konsumen. Metode yang digunakan merupakan kuantitatif korelasional, dengan menyebarkan angket kepada responden yang telah dipilih. Sampel pada penelitian ini berjumlah 120 orang dari mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung, dan menggunakan teknik analisis korelasi rank spearman untuk menguji hipotesis penelitian.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fitur Gold Badge, TopAds, dan Cashback memiliki hubungan yang signifikan dengan minat beli. Keseluruhan variabel dinyatakan berkorelasi sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara fitur Gold Merchant dengan minat beli konsumen di Tokopedia.Kata Kunci: Marketplace, Fitur, Minat Beli
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11708/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 468-473
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 468-473
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Marketplace, Fitur, Minat Beli.
dc.title Hubungan Fitur Gold Merchant dengan Minat Beli di Tokopedia
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account