Marketing communications strategy is a form of promotion of a region. The Office of Culture and Tourism of the Padang City is responsible for the promotion of Pasumpahan Island. This study aims to determine the marketing communication strategy Office of Culture and Tourism of Padang City in promoting Pasumpahan Island. The purpose of this study is to reveal the form of sales promotion, advertising, public relations, forms of direct marketing, and internet marketing in the promotion Pasumpahan Island. This study used a qualitative method with case study approach. Data collection techniques included interviews, observations, and documents relevant to the marketing communication strategy of the Office of Culture and Tourism of Padang City in promoting Pasumpahan Island. The results showed that the sales promotion by the Office of Culture and Tourism of Padang City is directly and indirectly through advertising and internet marketing effective.
Strategi komunikasi pemasaran merupakan salah satu bentuk promosi terhadap suatu wilayah yang hendak dipromosikan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang merupakan salah satu penanggungjawab dalam hal promosi wilayah Pulau Pasumpahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang dalam mempromosikan Pulau Pasumpahan.Tujuan dari penelitian ini, penulis ingin mengetahui bagaimana bentuk promosi penjualan, iklan yang dilakukan, hubungan masyarakat, bentuk pemasaran langsung, serta bagaimana internet marketing yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang dalam mempromosikan Pulau Pasumpahan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penyajian data pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen yang relevan dengan strategi komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota padang dalam mempromosikan Pulau Pasumpahan.Hasil penelitian diketahui bahwa promosi penjualan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang dengan cara langsung dan tidak langsung serta dengan cara periklanan dan internet marketing yang dirasa paling efektif dalam mempromosikan Pulau Pasumpahan