Universitas Islam Bandung Repository

Promotion Strategies By PT. PLN (Persero) To Socialize Prepaid Electricity Service

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Maliki, Mentari
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:02Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:02Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7388
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24251
dc.description PT PLN provides a prepaid electricty system in order to give a better service compared to mechanical or postpaid electricity services. However, as a result of the lack of knowledge regarding the advantages and work method of Prepaid Electricity service, most of our community still haven't used this service. Therefore, PT PLN decides to use promotional strategies to its potential consumers in order to promote prepaid electricity service and grow the number of its users. The purposes of this research is to find out the promotional strategy ideas done by PT. PLN in promoting prepaid electricity service and how to solve inhibiting factors in promotional activities done by PT. PLN in promoting its prepaid electricity service, to find out the background of PT. PLN Rayon Kota Sukabumi in using prepaid electricity system and to find out the background of intensive Personal Selling activity done by PT. PLN Rayon Kota Sukabumi. The case study approach combined with qualitative method are the methods utilised on this research. The subject of this research is an informant from PT. PLN Rayon Kota Sukabumi who organizes promotional strategy to promote prepaid electricity service. Interviews, observation, documentation, and literature review are the selected methods for data collection in this research. The results obtained from this research in promoting prepaid electricity service is the use of four mixed marketing technique: Advertising, Public Relations, Sales Promotions and Personal Selling followed by price policy and ease of prepaid electricity service installation payment to the main headquarters and organizing preponderant promotional event. Based on the findings in this research, the motive of PT PLN Rayon Kota Sukabumi in using prepaid electricty service is that this system had greater benefits and more convenient and it also serves as an answer to complaints that experienced by users of postpaid electricity service. The last finding in this research is the background of intensive Personal Marketing done by PT. PLN Rayon Sukabumi Kota is because it has greater informative effect, creating good relations between the company and local citizens and to reduce the possibilities of miscommunication.
dc.description PT. PLN (Persero) menghadirkan sistem listrik prabayar untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan listrik mekanik atau listrik pascabayar. Namun masih banyak masyarakat yang belum menggunakan Listrik Prabayar, karena kurangnya pemahaman mengenai kelebihan dan cara kerja dari Listrik Prabayar itu sendiri. Maka dari itu PT. PLN (Persero) melakukan komunikasi dengan calon pelanggan menggunakan strategi promosi untuk mensosialisasikan Litrik Prabayar agar pelanggan Listrik Prabayar terus bertambah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran strategi promosi yang dilakukan PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi dalam mensosialisasikan Listrik Prabayar, 2) Untuk mengetahui PT. PLN menanggulangi faktor penghambat dari kegiatan promosi, 3) Untuk mengetahui alasan PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi menggunakan sistem Listrik Prabayar, 4) Untuk mengetahui latar belakang PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi gencar melakukan kegiatan Personal Selling. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah informan dari PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi, yang mengatur strategi promosi untuk mensosialisasikan Listrik Prabayar di Kota Sukabumi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian adalah strategi promosi yang dilakukan PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi Kota dalam mensosialisasikan listrik prabayar menggunakan empat bauran promosi, yaitu periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, dan penjualan personal. Lalu faktor-faktor penghambat yang ada dalam proses kegiatan promosi dapat ditanggulangi dengan cara menggunakan sales marketing, lalu meminta kebijakan mengenai biaya dan kemudahan membayar pasang listrik prabayar kepada kantor pusat, dan membuat event promosi yang lebih besar lagi. Lalu, alasan PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi Kota menggunakan sistem listrik prabayar adalah sistem ini diakui sebagai solusi dari berbagai komplain yang selama ini sering dikeluhkan oleh banyak pelanggan pascabayar. Hasil temuan yang terakhir, latar belakang PT. PLN (Persero) Rayon Sukabumi Kota gencar melakukan kegiatan personal selling adalah karena memiliki pengaruh yang lebih besar, lebih informatif, membuat hubungan perusahaan dengan masyarakat lebih baik, dan memperkecil kemungkinan misscommunication.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7388/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 590-597
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 590-597
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject promotion strategies, prepaid electricity service, case study
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject strategi promosi, listrik prabayar, studi kasus
dc.title Promotion Strategies By PT. PLN (Persero) To Socialize Prepaid Electricity Service
dc.title Strategi Promosi PT.PLN (Persero) dalam Mensosialisasikan Listrik Prabayar
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account