Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Efektivitas Iklan di Instagram dengan Minat Beli Konsumen

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Vania, Savira
dc.creator Sofyan, Aning
dc.date 2019-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:03Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:03Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/14379
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24258
dc.description Abstract. The development of internet marketing or online advertising growing up fast in every sectors, including in culinary sector. As well as another sector, culinary sector that in Indonesia set as one of creative industry, now has growing up specially in advertising context. Instagram become new platform for entrepreneurs to market their product. Behind the rise of entrepreneurs that advertise their product in Instagram, there is Bandung Makuta, a newcomer company that engage in culinary sector that produce some fenomenal cakes. Bandung Makuta take places in Bandung city. It become intense in using Instagram as a media to advertise their product. This can be seen from the uploaded contents that put so much attention in quality, which aims to characterize an effectiveness in advertising. But how’s the relation between advertising effectiveness through Instagram account with consumer purchase intention ? This research answered that question. Specifically, its all about advertising effectiveness that describe through EPIC model as advertising effectiveness measuring instrument. EPIC model it self is an abbreviation from empathy, persuasion, impact, and communication. EPIC model used as a support variable (X) advertising effectiveness, meanwhile the variable supporter for (Y) purchase intention is four indicators from purchase intention, which are transactional intention, referential intention, preferential intention, and exploration intention. This research using quantitative method with correlation approching for testing if both of variables in this research relate for one another. The result of this research shows that : (1) empathy of Bandung Makuta advertisement in Instagram had a significant relation with consumer purchase intention, (2) persuasion of Bandung Makuta advertisement in Instagram had a significant relation with consumer purchase intention, (3) impact of Bandung Makuta advertisement in Instagram had a significant relation with consumer purchase intention, and (4) communication of Bandung Makuta advertisement in Instagram had a significant relation with consumer purchase intention.Keywords: Advertising, Instagram, Ad Effectiveness, Purchase Intention, Bandung Makuta.Abstrak. Perkembangan internet marketing atau online advertising kian marak terasa disegala bidang, tidak terkecuali di bidang kuliner. Seperti halnya industri lain, industri kuliner yang di Indonesia ditetapkan sebagai salah satu industri kreatif, kini tengah melebarkan sayapnya, terutama dalam hal beriklan (advertising). Instagram menjadi platfrorm baru bagi para pegiat bisnis untuk memasarkan produknya. Dibalik maraknya pegiat bisnis kuliner yang ber-iklan melalui akun  Instagram, ada Bandung Makuta, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kuliner dan memproduksi kue kekinian yang bertempat di kota Bandung. Bandung Makuta gencar dalam menggunakan Instagram sebagai media mengiklankan produknya. Setiap konten yang diunggah sebagai iklan di Instagram tentu memperhatikan semua aspek agar iklan tersebut menjadi efektif yang tujuannya agar produk laku keras. Namun bagaimanakah hubungan efektifitas iklan di Instagram dengan minat beli konsumen? Penelitian ini menjawab pertanyaan tersebut. Spesifiknya ini adalah sebuah penelitian mengenai efektivitas iklan yang dijabarkan melalui EPIC model sebagai instrumen atau alat ukur efektivitas iklan dan hubungannya dengan minat beli konsumen. EPIC model merupakan singkatan dari empathy, persuasion, impact, dan communication. EPIC model ini digunakan sebagai pendukung variabel (X) efektivitas iklan, sedangkan variabel (Y) minat beli didukung oleh indikator minat beli, yaitu minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional untuk menguji apakah terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dimensi empathy pada iklan di Instagram Bandung Makuta memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli konsumen, (2) dimensi persuasion pada iklan di Instagram Bandung Makuta memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli konsumen, (3) dimensi impact pada iklan di Instagram Bandung Makuta memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli konsumen, (4) dimensi communication pada iklan di Instagram Bandung Makuta memiliki hubungan yang cukup berarti dengan minat beli konsumen.Kata Kunci: Periklanan, Instagram, Efektivitas Iklan, Minat Beli, Bandung Makuta.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/14379/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 15-20
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 15-20
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Periklanan, Instagram, Efektivitas Iklan, Minat Beli, Bandung Makuta.
dc.title Hubungan Efektivitas Iklan di Instagram dengan Minat Beli Konsumen
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account