Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Komunikasi Program Bandung Menjawab sebagai Media Informasi Pemerintah Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Kusdiansari, Elvira Putri
dc.creator Sofyan, Aning
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:07Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:07Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/3859
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24304
dc.description Abstract. Bandung is a tourist destination, the city of education, city services, which are therefore the construction and arrangement of its facilities and infrastructure is largely determined by the presence of environmental influence, such as the development of science and technology, population growth is rapidly increasing, and the development of towns surrounding increasing. So that the development and growth requires spatial arrangements and land use in accordance with settlement activities cities healthy, neat, safe and comfortable, to avoid overlapping functions of the city which can cause disorder and kesemerawutan city, the problem is often a problem in public space published through electronic media and print media. Answering their program of Diskominfo Bandung Bandung is easy communication between the government of Bandung with his public, and also to answer and clarify reporting in the mass media. And even this program as a source of information, especially the people of Bandung, Bandung Program answer requires a communication strategy in its implementation in response to the news. This study uses a qualitative methodology using descriptive approach, and data collection techniques in this study using the method: observation, informant interviews, and documentation. The results of the research program Answering Bandung has a communications strategy: selecting the mass media as a medium in which to publish news about the activities or the government of Bandung, inviting SKPD related agencies namely as a communicator in Bandung Answering, doing press conferences are later published, Abstrak. Kota Bandung merupakan kota tujuan wisata, kota pendidikan, kota jasa, yang karena itu pembangunan dan penataan  sarana dan prasarananya sangat ditentukan oleh keberadaan lingkungan yang mempengaruhinya, seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertambahan jumlah penduduk yang semakin pesat, dan perkembangan kota-kota di sekitarnya yang kian meningkat. Sehingga perkembangan dan pertumbuhan tersebut memerlukan pengaturan tata ruang dan peruntukan lahan yang sesuai dengan kegiatan penataan kota yang sehat, rapi, aman dan nyaman, tidak terjadi tumpang tindih fungsi kota yang dapat menimbulkan ketidaktertiban dan kesemerawutan kota, persoalan itu  sering menjadi permasalahan di ruang publik yang di publikasikan melalui media massa elektronik dan media massa cetak. Adanya Program Bandung Menjawab dari Diskominfo Kota Bandung ini memudahkan komunikasi antara pemerintah Kota Bandung dengan publik nya, dan juga untuk menjawab serta mengklarifikasikan pemberitaan yang ada di media massa. Dan program ini pun sebagai wadah informasi masyarakat Kota Bandung khususnya, Program Bandung menjawab memerlukan strategi komunikasi di dalam pelaksanaanya dalam menanggapi pemberitaan. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan cara: observasi, wawancara narasumber, dan dokumentasi. Hasil penelitian Program Bandung Menjawab memiliki strategi komunikasi yaitu : memilih media massa sebagai media tempat untuk mempublikasikan kegiatan atau pemberitaan tentang pemerintah Kota Bandung, mengundang SKPD Dinas terkait yakni sebagai komunikator di Bandung Menjawab, melakukan konferensi pres yang kemudian di publikasikan,
dc.description Kota Bandung merupakan kota tujuan wisata, kota pendidikan, kota jasa, yang karena itu pembangunan dan penataan  sarana dan prasarananya sangat ditentukan oleh keberadaan lingkungan yang mempengaruhinya, seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertambahan jumlah penduduk yang semakin pesat, dan perkembangan kota-kota di sekitarnya yang kian meningkat. Sehingga perkembangan dan pertumbuhan tersebut memerlukan pengaturan tata ruang dan peruntukan lahan yang sesuai dengan kegiatan penataan kota yang sehat, rapi, aman dan nyaman, tidak terjadi tumpang tindih fungsi kota yang dapat menimbulkan ketidaktertiban dan kesemerawutan kota, persoalan itu  sering menjadi permasalahan di ruang publik yang di publikasikan melalui media massa elektronik dan media massa cetak. Adanya Program Bandung Menjawab dari Diskominfo Kota Bandung ini memudahkan komunikasi antara pemerintah Kota Bandung dengan publik nya, dan juga untuk menjawab serta mengklarifikasikan pemberitaan yang ada di media massa. Dan program ini pun sebagai wadah informasi masyarakat Kota Bandung khususnya, Program Bandung menjawab memerlukan strategi komunikasi di dalam pelaksanaanya dalam menanggapi pemberitaan. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan cara: observasi, wawancara narasumber, dan dokumentasi. Hasil penelitian Program Bandung Menjawab memiliki strategi komunikasi yaitu : memilih media massa sebagai media tempat untuk mempublikasikan kegiatan atau pemberitaan tentang pemerintah Kota Bandung, mengundang SKPD Dinas terkait yakni sebagai komunikator di Bandung Menjawab, melakukan konferensi pres yang kemudian di publikasikan,
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/3859/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 240 - 243
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 240 - 243
dc.source 2460-6537
dc.subject Proceedings of Communication Management
dc.subject communications strategy, the government of Bandung, sexy media partnerships and publications, Bandung Answering Program.
dc.subject Prodi Ilmu Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.subject strategi komunikasi, pemerintah Kota Bandung, seksi kemitraan media dan publikasi, Program Bandung Menjawab
dc.title Strategi Komunikasi Program Bandung Menjawab sebagai Media Informasi Pemerintah Kota Bandung
dc.title Strategi Komunikasi Program Bandung Menjawab sebagai Media Informasi Pemerintah Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account