dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Qomaruddin, Syahiedah Al-Haqq |
|
dc.creator |
Ch., Dede Lilis |
|
dc.date |
2017-08-10 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-12T05:43:09Z |
|
dc.date.available |
2019-09-12T05:43:09Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7267 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/24336 |
|
dc.description |
Today’s society cannot be separated from the development of technology, integrated within a communication medium called new media. One of them is social media, which can provide a convenience social interaction for its users without space and time limited. The use of social media is motivated by many factors. Age becomes one of the influential factors for the users to use a social media. As happened in X-Generation and Z-Generation. In every generation have beliefs, values, cultures, perspectives, occupations, and different abilities. This is in line with the Uses and Gratification theory by Katz, Blumler, and Gurevitch (1974). This study aimed to get the description of the differences uses of social media on the X- generation and Z-generation in SMPN 13 Bandung and SMPN 44 Bandung. This study used a quantitative method with comparative descriptive approach. The population in this study were 86 teachers and 799 students from both schools, used the disproportional stratified sampling technique, there were 60 people, 30 students and 30 teachers. The result of the research shows that there is a difference motive of social media usage between X-Generation and Z-Generation. The highest motive in Z-Generation is diversion meanwhile in X-Generation is cognitive. The duration of social media usage on Z-Generation is longer than X-Generation in various motives. There is no significant differences in the satisfaction of the two generations of social media users. |
|
dc.description |
Masyarakat saat ini tidak dapat lepas dari perkembangan teknologi yang terintegrasi dalam sebuah media komunikasi yang disebut new media. Salah satunya media sosial, yang dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi ruang dan waktu. Penggunaan media sosial dilatarbelakangi oleh berbagai faktor. Usia menjadi salah satu factor yang berpengaruh bagi para pengguna dalam memilih jejaring sosial. Seperti yang terjadi pada Generasi-X dan Generasi-Z. Pada setiap generasi mempunyai kepercayaan, nilai, budaya, perspektif, pekerjaan, dan kemampuan yang berbeda. Hal ini sejalan dengan teori Penggunaan dan Kepuasan (Uses and Gratification) yang dikemukan oleh Katz, Blumler, dan Gurevitch (1974). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran perbedaan penggunaan media sosial pada generasi X dan generasi Z di SMP Negeri 13 Bandung dan SMP Negeri 44 Bandung. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 86 orang dan siswa yang berjumlah 799 dari kedua sekolah, dengan menggunakan teknik sampling berstrata disproportional didapati sampel sebanyak 60 orang, 30 siswa dan 30 guru. Hasil penelitian didapati adanya perbedaan motif penggunaan media sosial antara Generasi X dan Generasi Z. Motif yang paling tinggi pada Generasi Z adalah diversi dan pada Generasi X adalah kognitif. Durasi penggunaan media sosial pada Generasi Z pun lebih lama berbanding dengan Generasi X dalam berbagai motif. Tidak ada perbedaan secara signifikan pada kepuasan kedua generasi pengguna media sosial. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.publisher |
Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7267/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 502-508 |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 502-508 |
|
dc.source |
2460-6537 |
|
dc.subject |
Manajemen Komunikasi |
|
dc.subject |
X Generation, Z Generation, Social Media, Uses and Gratification. |
|
dc.subject |
Manajemen Komunikasi |
|
dc.subject |
Generasi X; Generasi Z; Media Sosial; Penggunaan dan Kepuasan |
|
dc.title |
Studi Komparasi Penggunaan dan Kepuasaan Media Sosial Antara Gen-X dan Gen-Z |
|
dc.title |
Studi Komparasi Penggunaan dan Kepuasaan Media Sosial Antara Gen-X dan Gen-Z |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kuantitatif |
|
dc.type |
Kuntitatif |
|