Universitas Islam Bandung Repository

Aktivitas Komunikasi Pemasaran Disbudpar Kota Bandung dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Kurniadi, Fadly
dc.creator Sofyan, Aning
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:11Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:11Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/12480
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24357
dc.description Abstract. The study entitled “Disbudpar Marketing Communication Activities In Developing Creative Economy” which aims to find out how marketing communication activities Disbudpar in developing creative economy in Bandung creative economy actors through the activities of advertising, events and internet media. This research uses qualitative method with case study approach. Then this research uses case study approach with qualitative method, because this phenomenon occurs within a certain time limit and the researcher emphasizes on the proces. The results of this study include the side of advertising activity aims and generate creative economic development because Disbudpar promoting the creative economy as one of the leading tourist destinations in the city of Bandung so that people come to Bandung to do economic activities resulting in economic improvement among creative economy players. In terms of event, Disbudpar organizes events because it is included in the development of creative economy activities, with the event held an increase in the quality of human resources among creative economic players, this is because Disbudpar always accompanies training activities in the form of workshops and seminars in all events. In terms of internet media, Disbudpar currently focuses on the use of social media and the web. This is due to the lack of budget in conducting marketing communication activities. Internet media is perceived to cost less in the process and reach a wide audience. And is developing the web as a medium of liaison between the government, creative economy and the people of BandungKeywords: Creative Economy, Disbudpar, Marketing Communication, Marketing Communication Mix, Advertising, Events, Internet Media Abstrak. Penelitian yang berjudul “Aktivitas Komunkikasi Pemasaran Disbudpar Kota Bandung Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif” yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran Disbudpar dalam mengembangkan ekonomi kreatif pada pelaku ekonomi kreatif Kota Bandung melalui aktivitas iklan, event dan media internet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif, karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu dan peneliti menekankan pada prosesnya. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah dari sisi aktivitas iklan bertujuan dan menghasilkan pengembangkan ekonomi kreatif karena Disbudpar didalam beriklan mempromosikan ekonomi kreatif sebagai salah satu tujuan wisata unggulan di Kota Bandung sehingga orang-orang datang ke Bandung melakukan aktivitas ekonomi sehingga terjadi peningkatan ekonomi dikalangan pelaku ekonomi kreatif. Dari sisi event, Disbudpar menyelenggarakan event karena termasuk kedalam kegiatan pengembagan ekonomi kreatif, dengan diselenggarakannya event terjadi peningkatan kualitas sumberdaya manusia dikalangan pelaku ekonomi kreatif, hal ini karena Disbudpar selalu menyertai kegiatan pelatihan berupa workshop dan seminar didalam semua kegiatan eventnya. Dari sisi media internet, Disbudpar saat ini berfokus kepada penggunaan media sosial dan web. Hal ini dikarenakan minimnya anggaran didalam melakukan aktivitas komunikasi pemasarannya. Media internet dirasa lebih sedikit mengeluarkan biaya pada prosesnya dan menjangkau khalayak yang luas. Dan sedang mengembangkan web sebagai media penghubung antara pemerintah, pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat Kota BandungKata kunci : Ekonomi kreatif, Disbudpar, Komunikasi Pemasaran, Bauran Komunikasi Pemasaran, Iklan, Event, Media Internet
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/12480/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/12480/2639
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 631-636
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 631-636
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Ekonomi kreatif, Disbudpar, Komunikasi Pemasaran, Bauran Komunikasi Pemasaran, Iklan, Event, Media Internet
dc.title Aktivitas Komunikasi Pemasaran Disbudpar Kota Bandung dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account