Abstract. The purpose of this study was to examine the effect of accounting conservatism against eraning response coefficient (ERC), the size of the company against earnings response coefficient (ERC), and the disclosure of corporate social responsibility (CSR) towards earning response coefficient (ERC), and the impact of accounting conservatism, size company, and the disclosure of corporate social responsibility towards earning response coefficient (ERC). The method used in this research is descriptive analysis method with the correlational approach and by using multiple linear regression analysis test. The target population in this study is a company manufacturing cosmetics and medicine sub-sector listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) and issue financial statements seventh consecutive year - has the year 2009 - 2015. While the company is a unit of analysis is as much as five companies. The results of this study showed that simultaneous accounting conservatism, the size of the company, the disclosure of corporate social responsibility influence the earnings response coefficient (ERC). Partially accounting conservatism significant effect on earnings response coefficient (ERC), firm size has no effect on earnings response coefficient (ERC), and the disclosure of corporate social responsibility no significant effect on earnings response coefficient (ERC).Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konservatisme akuntansi terhadap eraning response coefficient (ERC), ukuran perusahaan terhadap earning response coefficient (ERC), dan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap earning response coefficient (ERC), serta pengaruh konservatisme akuntansi , ukuran perusahaan , dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap earning response coefficient (ERC). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan korelasional dan dengan menggunakan alat uji analisis regresi linear berganda. Target populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik dan obat yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) dan mengeluarkan laporan keuangan tujuh tahun berturut – turut yaitu tahun 2009 – 2015. Sedangkan perusahaan yang menjadi unit analisi adalah sebanyak 5 perusahaan. Hasil dari penelitian ini secara simultan menunjukan bahwa konservatisme akuntansi, ukuran perusahaan , pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh terhadap earning response coefficient (ERC). Sedangkan secara parsial konservatisme akuntansi berpengaruh signifikan terhadap earning response coefficient (ERC) , ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap earning response coefficient (ERC) , serta pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap earning response coefficient (ERC).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konservatisme akuntansi terhadap eraning response coefficient (ERC), ukuran perusahaan terhadap earning response coefficient (ERC), dan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap earning response coefficient (ERC), serta pengaruh konservatisme akuntansi , ukuran perusahaan , dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap earning response coefficient (ERC). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan korelasional dan dengan menggunakan alat uji analisis regresi linear berganda. Target populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik dan obat yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) dan mengeluarkan laporan keuangan tujuh tahun berturut – turut yaitu tahun 2009 – 2015. Sedangkan perusahaan yang menjadi unit analisi adalah sebanyak 5 perusahaan. Hasil dari penelitian ini secara simultan menunjukan bahwa konservatisme akuntansi, ukuran perusahaan , pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh terhadap earning response coefficient (ERC). Sedangkan secara parsial konservatisme akuntansi berpengaruh signifikan terhadap earning response coefficient (ERC) , ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap earning response coefficient (ERC) , serta pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap earning response coefficient (ERC).