Abstract, This study aims to determine the effect of management change, audit delay and reputation of KAP against the change of KAP as well as the effect of change management and audit delay on the change of KAP with KAP reputation as a moderation of moderation. This type of research is an empirical study. The data used in this research is secondary data. The population in this research are companies listed in Indonesia Stock Exchange and included in index LQ45 period 2013 - 2016. Sampling research is obtained by using purposive sampling method and produce sample 26 companies in observation period for 4 years, so that data analyzed amounted to 104. Data analysis technique used is logistic regression. The test results show that the change of management, audit delay, and reputation of KAP have no effect on the change of KAP. Similarly, the reputation of KAP that can not strengthen the influence of change of management on the change of KAP and can not strengthen the effect of delayed audiences on the change of KAP. The researcher is then suggested to: (1) Using other variables that may influence the change of KAP, (2) Using different research object and increase the vulnerability of research time so that the validity of the generalization of the theory can be seen. Keywords: CEO, delay, KAP, reputationAbstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergantian manajemen, audit delay dan reputasi KAP terhadap pergantian KAP serta pengaruh pergantian manajemen dan audit delay terhadap pergantian KAP dengan reputasi KAP sebagai vaeriabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah studi empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan masuk dalam indeks LQ45 periode 2013 - 2016. Pengambilan sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan sampel 26 perusahaan pada periode pengamatan selama 4 tahun, sehingga data yang dianalisis berjumlah 104. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pergantian manajemen, audit delay, dan reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap pergantian KAP. Demikian pula pada reputasi KAP yang tidak dapat memperkuat pengaruh pergantian manajemen terhadap pergantian KAP serta tidak dapat memperkuat pengaruh audiit delay terhadap pergantian KAP. Peneliti selanjutnya disarankan untuk: (1) Menggunakan variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi pergantian KAP, (2) Menggunakan objek penelitian yang berbeda dan menambah rentan waktu penelitian sehingga dapat dilihat generalisasi teori secara valid.Kata kunci: delay, direktur, KAP, reputasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergantian manajemen, audit delay dan reputasi KAP terhadap pergantian KAP serta pengaruh pergantian manajemen dan audit delay terhadap pergantian KAP dengan reputasi KAP sebagai vaeriabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah studi empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan masuk dalam indeks LQ45 periode 2013 - 2016. Pengambilan sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan sampel 26 perusahaan pada periode pengamatan selama 4 tahun, sehingga data yang dianalisis berjumlah 104. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pergantian manajemen, audit delay, dan reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap pergantian KAP. Demikian pula pada reputasi KAP yang tidak dapat memperkuat pengaruh pergantian manajemen terhadap pergantian KAP serta tidak dapat memperkuat pengaruh audiit delay terhadap pergantian KAP. Peneliti selanjutnya disarankan untuk: (1) Menggunakan variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi pergantian KAP, (2) Menggunakan objek penelitian yang berbeda dan menambah rentan waktu penelitian sehingga dapat dilihat generalisasi teori secara valid.Kata kunci: delay, direktur, KAP, reputasi