Abstract. Quality is one aspect that most expected by customers in all product services. The more quality products and services provided, the satisfaction felt by consumers is increasing. To produce the best products and services necessary efforts for continuous improvement in the ability of people, processes, and the environment. The best way to improve the ability of these components to implement Total Quality Management (TQM). The research was carried out in health institutions Klinik Utama Al Islam. The problem in this research is the extent to which the influence of TQM is applied in order to generate customer satisfaction. The purpose of this study was to determine the influence of Total Quality Management (TQM) to consumer satisfaction.The object of this research is the Total Quality Management, and customer satisfaction. The method used in this research is explanatory research. Sources of data used are the primary data source. The data collection techniques used is by using a questionnaire. And samples used in this study are simple random sampling, the sampling technique whereas the members of a population sample was randomly without regard to strata that exist in the population. Tools statistical tests used in this study is a simple linear regression analysis. Application of Total Quality Management at the Klinik Utama Al Islam included in the criteria fairly well. Consumer satisfaction at the Klinik Utama Al Islam included in the criteria fairly well. The results showed that TQM influence on customer satisfaction.Abstrak. Kualitas adalah salah satu aspek yang paling diharapkan oleh kosumen pada semua layanan produk. Semakin berkualitas produk dan jasa yang diberikan, maka kepuasan yang dirasakan oleh konsumen semakin tinggi. Untuk menghasilkan produk dan jasa perusahaan terbaik diperlukan upaya perbaikan berkesinambungan terhadap kemampuan manusia, proses, dan lingkungan. Cara terbaik dalam memperbaiki kemampuan komponen-komponen tersebut dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). Penelitian ini dilakukan di instansi kesehatan Klinik Utama Al Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh TQM yang diterapkan agar dapat menghasilkan kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Total Quality Manajemen (TQM) tehadap kepuasan konsumen. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Total Quality Management, dan kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu explanatory research. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuisioner. Dan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Penerapan Total Quality Manegement pada Klinik Utama Al Islam termasuk dalam kriteria cukup baik. Kepuasan konsumen pada Klinik Utama Al Islam termasuk dalam kriteria cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TQM memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Kualitas adalah salah satu aspek yang paling diharapkan oleh kosumen pada semua layanan produk. Semakin berkualitas produk dan jasa yang diberikan, maka kepuasan yang dirasakan oleh konsumen semakin tinggi. Untuk menghasilkan produk dan jasa perusahaan terbaik diperlukan upaya perbaikan berkesinambungan terhadap kemampuan manusia, proses, dan lingkungan. Cara terbaik dalam memperbaiki kemampuan komponen-komponen tersebut dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). Penelitian ini dilakukan di instansi kesehatan Klinik Utama Al Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh TQM yang diterapkan agar dapat menghasilkan kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Total Quality Manajemen (TQM) tehadap kepuasan konsumen. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Total Quality Management, dan kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu explanatory research. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuisioner. Dan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Penerapan Total Quality Manegement pada Klinik Utama Al Islam termasuk dalam kriteria cukup baik. Kepuasan konsumen pada Klinik Utama Al Islam termasuk dalam kriteria cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TQM memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen.