dc.contributor |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
|
dc.creator |
Essa, Satrija Prajna |
|
dc.creator |
Rahmi, Dewi |
|
dc.creator |
Riani, Westi |
|
dc.date |
2019-01-25 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-12T07:50:14Z |
|
dc.date.available |
2019-09-12T07:50:14Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/15032 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/24979 |
|
dc.description |
Abstract. Currently a tourism industry is developing which is known as halal tourism. Halal tourism is atourist destination that is in accordance with sharia aspects. One component of halal tourism is shariahotels. Sharia hotels are now able to compete in the hotel business. The purpose of this study is todetermine the factors that determine tourist preferences in choosing sharia hotels in the city of Bandung.The research method is use quantitative descriptive with a likert scale tool. The sample used inthis study was 70 samples. Each sample was taken randomly from various sharia hotels in the city ofBandung. Based on the results of the study, it can be concluded that there are only 4 factors thatdetermine the personal preferences of choosing sharia hotels, there is religiosity, price, location andproduct. From all of the four factors which dominant is religion factor and location factorKeywords: Preferences, Sharia Hotels, Halal TourismAbstrak. Saat ini sedang berkembang suatu industri pariwisata yang dikenal dengan istilah wisata halal. Wisata halal yang merupakan destinasi wisata yang sesuai dengan aspek syariah. Salah satu komponen dari wisata halal adalah hotel syariah. Hotel syariah saat ini sudah dapat bersaing dalam bisnis perhotelan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menentukan preferensi wisatawan dalam memilih hotel syariah di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan desktiptif kuantitatif dengan alat bantu skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 sampel. Masing-masing sampel diambil acak/random dari berbagai hotel syariah yang ada di Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa hanya terdapat 4 faktor yang menentukan preferensi wsiatawan dalam memilih hotel syariah yaitu religiusitas, harga, lokasi dan produk. Dari keempat faktor tersebut yang dominan adalah faktor religiusitas dan faktor lokasi.Kata Kunci : Preferensi, Hotel Syariah, Wisata Halal |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
eng |
|
dc.publisher |
Universitas Islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/15032/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2019 Prosiding Ilmu Ekonomi |
|
dc.source |
Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 5, No 1, Prosiding Ilmu Ekonomi (Februari, 2019); 24-30 |
|
dc.source |
Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 5, No 1, Prosiding Ilmu Ekonomi (Februari, 2019); 24-30 |
|
dc.source |
2460-6553 |
|
dc.subject |
Ilmu Ekonomi |
|
dc.subject |
Preferensi, Hotel Syariah, Wisata Halal |
|
dc.title |
Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Wisatawan dalam Memilih Hotel Syariah di Kota Bandung |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kuantitatif |
|