Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Peramalan Penjualan 3M Creme Cleanser dengan Menggunakan Metode Adjusted Exponential Smoothing pada CV. Nasyid Jaya

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi dan Bisnis
dc.contributor
dc.creator Susanti, Dewi Maudi
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:19Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:19Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/11822
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25400
dc.description Abstact. This research aims to reduce errors forecasting 3M Creme Cleanser sales by using Adjusted Exponential Smoothing method and the smallest error indicator MAD, MSE, MAPE, MAPD, SE and Tracking Signal. The author, in preparing this thesis using qualitative descriptive research type. This study uses case study method and data used is historical data for 12 months in 2017. Data collection techniques conducted by the authors are interviews on various parties in the company, held direct observation to the company, and documentation as a complement to observation and interview. The results obtained in this study show that to determine the best alpha and beta based on the smallest error is in the error MAD, MSE, MAPE, and Standard error, where from all indicators of forecasting error errors only the four calculations are equally located at the lowest point α = 0,1 and β = 0,1 with result of forecasting 116,965 or 117 product for January 2018.Keywords: Forecasting, Adjusted Exponential Smoothing. Abstrak. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan peramalan penjualan 3M Creme Cleanser dengan menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing dan indikator kesalahan terkecil MAD, MSE, MAPE, MAPD, SE dan Tracking Signal. Penulis, dalam menyusun skripsi ini menggunakan jenis penelilitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan data yang digunakan yaitu data historis selama 12 bulan pada tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah wawancara terhadap berbagai pihak diperusahaan, mengadakan observasi langsung ke perusahaan, dan dokumentasi sebagai pelengkap observasi dan wawancara. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukan bahwa untuk menentukan alpha dan beta terbaik berdasarkan error terkecil berada pada error MAD, MSE, MAPE, dan Standar error, dimana dari keseluruhan indikator kesalahan peramalan permintaan hanya keempat perhitungan tersebut yang sama-sama berada pada titik terendah α= 0,1 dan β= 0,1 dengan hasil peramalan 116, 965 atau 117 produk untuk bulan Januari 2018.Kata Kunci : Peramalan, Adjusted Exponential Smoothing
dc.description Abstact. This research aims to reduce errors forecasting 3M Creme Cleanser sales by using Adjusted Exponential Smoothing method and the smallest error indicator MAD, MSE, MAPE, MAPD, SE and Tracking Signal. The author, in preparing this thesis using qualitative descriptive research type. This study uses case study method and data used is historical data for 12 months in 2017. Data collection techniques conducted by the authors are interviews on various parties in the company, held direct observation to the company, and documentation as a complement to observation and interview. The results obtained in this study show that to determine the best alpha and beta based on the smallest error is in the error MAD, MSE, MAPE, and Standard error, where from all indicators of forecasting error errors only the four calculations are equally located at the lowest point α = 0,1 and β = 0,1 with result of forecasting 116,965 or 117 product for January 2018.Keyword : Forecasting, Adjusted Exponential Smoothing.Abstrak. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan peramalan penjualan 3M Creme Cleanser dengan menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing dan indikator kesalahan terkecil MAD, MSE, MAPE, MAPD, SE dan Tracking Signal. Penulis, dalam menyusun skripsi ini menggunakan jenis penelilitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan data yang digunakan yaitu data historis selama 12 bulan pada tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah wawancara terhadap berbagai pihak diperusahaan, mengadakan observasi langsung ke perusahaan, dan dokumentasi sebagai pelengkap observasi dan wawancara. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukan bahwa untuk menentukan alpha dan beta terbaik berdasarkan error terkecil berada pada error MAD, MSE, MAPE, dan Standar error, dimana dari keseluruhan indikator kesalahan peramalan permintaan hanya keempat perhitungan tersebut yang sama-sama berada pada titik terendah α= 0,1 dan β= 0,1 dengan hasil peramalan 116, 965 atau 117 produk untuk bulan Januari 2018.Kata Kunci : Peramalan, Adjusted Exponential Smoothing
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/11822/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2018); 741-748
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2018); 741-748
dc.source 2460-6545
dc.subject Manajemen
dc.subject Peramalan, Adjusted Exponential Smoothing
dc.subject
dc.subject
dc.title Analisis Peramalan Penjualan 3M Creme Cleanser dengan Menggunakan Metode Adjusted Exponential Smoothing pada CV. Nasyid Jaya
dc.title analisis peramalan penjualan 3M creem cleanser dengan menggunakan metode adjusted exponential smoothing pada cv. nasyid jaya
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account