dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Veonita, Venny |
|
dc.creator |
Aspiranti, Tasya |
|
dc.creator |
Sopiah, Poppie |
|
dc.date |
2017-08-10 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-13T04:14:37Z |
|
dc.date.available |
2019-09-13T04:14:37Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/7843 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/25632 |
|
dc.description |
Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan jumlah loket pendaftaran pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan Deskriptip Kuantitatif, data yang diperoleh dari sampel pupulasi menggunakan teknik pengumpulan data riset lapangan, wawancara dan pengamatan dianalisa. Dengan sistem antrian mengunakan model Multi Channel-Multi Phase yaitu sistem antrian yang terdiri dari server yang tersusun secara seri atau terdiri dari beberapa phase. Penelitian dalam skripsi ini diawali dengan menentukan jumlah loket pendaftaran loket Pasien BPJS. Sistem antrian yang digunakan oleh Rumah Sakit Jiwa saat ini mengunakan sistem antrian Single Phase. Kemudian dilakukan pengambilan data tiap loket pendaftaran berupa banyak kedatangan dan keberangkatan tiap 30 menit, dengan waktu penelitian 5 hari Senin sampai dengan Jumat. Penelitian ini menerapkan model Antrian Multi Channel-Multi Phase dengan model pelayanan ganda kinerja loket pendaftaran Pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa, menunjukan situasi kesibukan antrian yang cukup sibuk terutama hari Senin dan Kamis. Tingkat kesibukan terlihat pada waktu menunggu pasien dalam sistem antrian (Ws) berkurang dari 6,25 menit menjadi 4,25 menit pada hari senin, sedangkan pada hari kamis yaitu 5 menit menjadi 4,25 menit. Oleh karena itu dengan didapatkan waktu menunggu pasien di bawah 4 menit, maka didapatkan jumlah loket yang optimal berdasarkan tingkat aspirasi. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas Islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/7843/pdf |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/downloadSuppFile/7843/1345 |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2017); 854-860 |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2017); 854-860 |
|
dc.source |
2460-6545 |
|
dc.subject |
Manajemen |
|
dc.subject |
Model Antrian Multi Channel, Multi Phase, Model Pelayanan ganda dan Efisiensi |
|
dc.title |
Analisis Sistem Antrian Pendaftaran Pasien Bpjs Pada Instalasi Rawat Jalan Dengan Menggunakan Metode Multi Channel - Multi Phase Untuk Meminimumkan Waktu Tunggu Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kuantitatif |
|