Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Status Gizi dan Kesegaran Jasmani dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Dr. Cipto Kecamatan Cicendo Kota Bandung Tahun 2016

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Madjid, Muhammad Danny Bahtiar
dc.creator Sukarya, Wawang S
dc.creator Trusda, Siti Annisa Devi
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-13T05:58:29Z
dc.date.available 2019-09-13T05:58:29Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/4959
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/26161
dc.description Abstract: Children of elementary school become a very important asset of human resources but vulnerable to  malnutrition. Inadequate nutrient intake in childhood can be hazardous to cognitive development and disrupt the learning achievement in school. School with intense physical activity program showed a positive impact on learning achievements including increased concentration,  mathematic ability, reading, and writing. Objective of this study to determine the relationship between nutritional status and physical fitness with academic achievement of students. The study design was observational analytic with cross sectional design approach. The sample selection using random probability sampling technique. Determination of nutritional status do with anthropometric measurements based on body mass index, level of physical fitness assessment using Indonesia Physical Fitness tests, and learning achievement seen from the average value of student report cards. A large study sample was 86 students of SDN Dr.Cipto Bandung. The study was conducted in May-June 2016. The data processing was performed using chi-square test. The results showed the status of undernutrition and malnutrition in the amount of 13% and 6%. Less and very less physical fitness in amount of 51% and 23%. The lower learning achievement in amount of 11%. Chi-square test showed there was no correlation between nutritional status and learning achievement of student SDN Dr. Cipto Bandung (p = 0.67), nor is there a relationship between physical fitness and learning achievement of student SDN Dr. Cipto Bandung (p = 0.43).Abstrak: Anak-anak sekolah dasar merupakan aset negara yang sangat penting sebagai sumber daya manusia dan merupakan salah satu kelompok yang rawan mengalami gizi kurang. Asupan gizi yang tidak adekuat selama masa anak-anak dapat membahayakan perkembangan kognitif dan mengganggu prestasi belajar di sekolah. Sekolah yang memiliki program aktivitas fisik yang intens memperlihatkan dampak positif pada prestasi belajar meliputi peningkatan konsentrasi, juga kemampuan menghitung,  membaca, dan menulis. Tujuan penlitian ini untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan kesegaran jasmani dengan prestasi belajar siswa. Desain penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan rancangan potong lintang. Pemilihan sampel menggunakan teknik probability random sampling. Penentuan status gizi dilakukan dengan pengukuran antropometri berdasarkan indeks massa tubuh, penilaian tingkat kesegaran jasmani menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia, dan prestasi belajar dilihat dari nilai rata-rata rapor siswa. Besar sampel penelitian adalah 86 siswa, dari SDN Dr.Cipto Kota Bandung. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2016. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan status gizi kurang dan buruk sebesar 13% dan 6%. Kesegaran jasmani kurang dan kurang sekali sebesar 51% dan 23%. Prestasi belajar rendah adalah sebesar 11%. Uji chi-square menunjukkan tidak terdapat hubungan antara status gizi dan prestasi belajar siswa SDN Dr. Cipto Kota Bandung (p=0,67), juga tidak terdapat hubungan antara kesegaran jasmani dan prestasi belajar siswa SDN Dr. Cipto Kota Bandung (p=0,43).
dc.description Anak-anak sekolah dasar merupakan aset negara yang sangat penting sebagai sumber daya manusia dan merupakan salah satu kelompok yang rawan mengalami gizi kurang. Asupan gizi yang tidak adekuat selama masa anak-anak dapat membahayakan perkembangan kognitif dan mengganggu prestasi belajar di sekolah. Sekolah yang memiliki program aktivitas fisik yang intens memperlihatkan dampak positif pada prestasi belajar meliputi peningkatan konsentrasi, juga kemampuan menghitung,  membaca, dan menulis. Tujuan penlitian ini untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan kesegaran jasmani dengan prestasi belajar siswa. Desain penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan rancangan potong lintang. Pemilihan sampel menggunakan teknik probability random sampling. Penentuan status gizi dilakukan dengan pengukuran antropometri berdasarkan indeks massa tubuh, penilaian tingkat kesegaran jasmani menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia, dan prestasi belajar dilihat dari nilai rata-rata rapor siswa. Besar sampel penelitian adalah 86 siswa, dari SDN Dr.Cipto Kota Bandung. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2016. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan status gizi kurang dan buruk sebesar 13% dan 6%. Kesegaran jasmani kurang dan kurang sekali sebesar 51% dan 23%. Prestasi belajar rendah adalah sebesar 11%. Uji chi-square menunjukkan tidak terdapat hubungan antara status gizi dan prestasi belajar siswa SDN Dr. Cipto Kota Bandung (p=0,67), juga tidak terdapat hubungan antara kesegaran jasmani dan prestasi belajar siswa SDN Dr. Cipto Kota Bandung (p=0,43).
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/4959/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Pendidikan Dokter
dc.source Prosiding Pendidikan Dokter; Vol 2, No 1, Prosiding Pendidikan Dokter (Agustus, 2016); 992-999
dc.source Prosiding Pendidikan Dokter; Vol 2, No 1, Prosiding Pendidikan Dokter (Agustus, 2016); 992-999
dc.source 2460-657X
dc.subject Proceedings of Medical study
dc.subject Learning Achievement, Nutritional Status, Physical Fitness
dc.subject Pendidikan Dokter
dc.subject Kesegaran jasmani, Prestasi belajar, Status gizi
dc.title Hubungan Status Gizi dan Kesegaran Jasmani dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Dr. Cipto Kecamatan Cicendo Kota Bandung Tahun 2016
dc.title Hubungan Status Gizi dan Kesegaran Jasmani dengan Prestasi Belajar Siswa SDN Dr. Cipto Kecamatan Cicendo Kota Bandung Tahun 2016
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Quantitative
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account