Description:
Persepsi adalah kemampuan otak dalam menerjemahkan stimulus atau proses yang masuk ke dalam alat indera. Bedside Teaching merupakan salah satu metode pembelajaran dalam program pendidikan kedokteran yang dapat membantu peserta didik dalam mengasah keahlian profesi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai persepsi peserta didik dan pasien terhadap pelaksanaan bedside teaching di pendidikan fase klinik di RSUD Al-Ihsan dan RS Al-Islam. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode observasional analitik, dengan data primer yaitu kuesioner. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 60 orang dan pasien sebanyak 50 orang yang mengikuti bedside teaching di kedua rumah sakit dan dianalisis dengan cara uji t tidak berpasangan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebagian besar peserta didik di RSUD Al-Ihsan dan RS Al-Islam memiliki persepsi mengenai beberapa aspek seperti aspek kenyamanan sebanyak >90%, kepuasan >60%, efektifitas >80%, BST sebagai motivasi belajar >90% dan metode pengajaran klinik >90%. Persepsi pasien mengenai beberapa aspek seperti kenyamanan >80%, kepuasan >50%, komunikasi dokter-pasien >40%, dan meningkatkan pengetahuan pasien >70%. Pada penelitian ini juga membandingkan persepsi peserta didik dan pasien antara kedua rumah sakit dan didapatkan nilai P (>0.05) yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan persepsi yang bermakna. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa peserta didik dan pasien memiliki persepsi yang bagus terhadap kenyamanan, kepuasan, komunikasi dokter-pasien dan aspek yang lainnya tentang pelaksanaan bedside teaching dan tidak ada perlakuan yang berbeda antara rumah sakit.