Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Perceived Organizational Support dan Organizational Citizenship Behavior: Affective Commitment sebagai Variabel Intervening pada PT. Telkom Witel Bandung Barat

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi dan Bisnis
dc.creator Hasna, Salma Aliyah
dc.creator Abdurrahman, Dudung
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/20276
dc.identifier 10.29313/.v6i1.20276
dc.description Abstract. This study aims to examine the relationship of Perceived Organizational Support and Organizational Citizenship Behavior: Affective Commitment as intervening variable at PT. Telkom Witel Bandung Barat. The method used in this study is a descriptive and verification, using path analysis and using SPSS 20 version for calculation the data. A questionnaires were distributed to 61 employee of PT. Telkom Witel Bandung Barat using total sampling method. The result of this research is: 1) POS is categorized into very high category. 2) OCB is categorized into high category. 3) AF is categorized into very high category. 4) POS partially positive and significant toward OCB. 5) POS partially positive and significant toward AF 6) POS partially positive and significant toward OCB mediated by AF.Keywords: Perceived Organizational Support, Organizational Citizenship Behavior, Affective CommitmentAbstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan Perceived Organizational Support terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Affective Commitment Sebagai Variabel Intervening pada PT. Telkom Witel Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dan mengoperasikan perhitungan menggunakan software SPPS versi 20. Kuesioner disebarkan ke 61 karyawan PT. Telkom Witel Bandung Barat dengan menggunakan metode total sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Tingkat POS pada PT. Telkom Witel Bandung Barat termasuk kategori sangat tinggi. 2) Tingkat OCB pada PT. Telkom Witel Bandung Barat masuk kategori tinggi. 3) Tingkat AF pada PT. Telkom Witel Bandung Barat masuk kategori sangat tinggi. 4) POS secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. 5) POS secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap AF. 6) POS secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB melalui AF.Kata kunci: Perceived Organizational Support, Organizational Citizenship Behavior, Affective Commitment
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/20276/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2020); 331-335
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2020); 331-335
dc.source 2460-6545
dc.source 10.29313/.v6i1
dc.subject Manajemen
dc.subject Perceived Organizational Support, Organizational Citizenship Behavior, Affective Commitment
dc.title Hubungan Perceived Organizational Support dan Organizational Citizenship Behavior: Affective Commitment sebagai Variabel Intervening pada PT. Telkom Witel Bandung Barat
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account